Sengketa Pulau, China Kecam Strategi `Perang` Jepang

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Beberapa negara di Asia Timur tengah bersengketa atas kepemilikan pulau di Laut China Timur yang dikenal dengan nama Pulau Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China. Pihak yang paling ngotot adalah Jepang dan China.

Dua negara terus melakukan langkah militer demi merebut kawasan pulau tersebut. Baru-baru ini, China mengecam langkah-langkah yang menjadi strategi militer Jepang terkait konflik tersebut.

Menteri Pertahanan China Geng Yansheng menyatakan, pihak Jepang telah meningkatkan langkah militer yang lebih berani daripada sebelumnya. Dia juga menyebut Jepang akan melakukan ekpansi militer demi menjaga keamanan negaranya.
"China dengan sikap tegas menentang langkah Jepang tersebut," ketus Geng, seperti dimuat Xinhua, Sabtu (21/12/2013).
Orang nomor 1 di badan militer China itu juga menegaskan, langkah militer Jepang telah menjadi perhatian serius negara tetangga. Selain China, Korsel dan Taiwan juga terlibat dalam sengketa wilayah tersebut.
Jepang sebelumnya dikabakan mau membeli pesawat tak berawak dan kendaraan amfibi militer dalam mengantisipasi ketegangan sengketa pulau yang semakin memanas. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan, pihaknya berencana untuk memperluas zona militer di wilayah sengketa. Langkah itu ia nilai layak sesuai Undang-Undang Perang di negaranya.
Dalam 5 tahun terakhir, Jepang juga diketahui membeli persenjataan militer supercanggih, seperti kapal selam tempur, pesawat tak berawak, kendaraan amfibi, serta penangkal rudal.
Berdasarkan data Stockholm International Peace Research Institute, Jepang menempati urutan kelima sebagai negara dengan persenjataan militer mutakhir. Sedangkan China berada pada urutan kedua, membuntuti Amerika Serikat. 
 

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day