Kapal Militer China Tantang Kapal AS

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Sebuah kapal militer China menantang kapal induk AS USS Cowpens di Laut China Selatan. Menurut saksi mata, peristiwa itu terjadi pada 5 Desember 2013 di dekat pangkalan militer, Liaoning, China.
Saat kapal induk AS melakukan pengamatan, tiba-tiba sebuah kapal militer muncul dan memaksa agar Cowens segera mengubah haluan dan meninggalkan perairan yang diklaim sebagai wilayah China. ‘’Padahal kami berada di wilayah internasional,’’ tutur seorang pejabat angkatan laut AS.

Kapal induk AS yang dilengkapi peluru kendali itu, tetap melakukan pengintaian, tanpa menghiraukan peluit panjang dan perintah kapal militer China. ‘’Insiden ini setidaknya merendahkan profesionalisme standar internasional. Termasuk saling komunikasi antar-kapal,’’ sambung pejabat AS tersebut.
Nota protes telah dilayangkan Departemen luar negeri AS ke Pemerintah Beijing maupun Kedubes China di Washington DC. Isinya, mengecam tindakan kapal militer China karena USS Cowpens berad di kawasan bebas internasional usai menjalankan misi pengiriman bantuan kemanusiaan bagi para korban angin topan Haiyan di Filipina


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day