Kemhan-Pertamina Kerja Sama BBM

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Kementerian Pertahanan dan Pertamina menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang jualbeli bahan bakar minyak (BBM) dan pelumas guna mendukung pelaksanaan operasional TNI saat melakukan operasi pengamanan dan ketertiban dalam menjaga keutuhan NKRI.
Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Dirjen Kekuatan Pertahanan Kemhan Laksamana Muda Agus Purwoko dengan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budaya, yang disaksikan Menhan Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko serta tiga kepala staf angkatan, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu (18/12).
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan salah satu tugas TNI adalah melakukan operasi pengamanan dan ketertiban dalam hal ini kaitannya membantu pihak kepolisian, namun tentunya operasi pengamanan NKRI makin penting baik pengamanan di darat, laut maupun di udara.
"Ada operasi militer selain perang, yaitu mendukung, ketertiban keamanan, di laut illegal logging dan penyelundupan," kata Purnomo. Menurut dia, dalam melakukan tugas pokoknya, TNI masih kekurangan persediaan BBM dalam melakukan operasi karena persediaan yang diberikan dijatah dalam APBN.
"Jika harga BBM naik, maka volume untuk kebutuhan operasi TNI akan berkurang, sehingga TNI tidak optimal melaksanakan operasi. Namun, jika BBM untuk mendukung operasi TNI maka negara akan diuntungkan karena dengan kebutuhan BBM cukup, maka TNI mampu melakukan pengamanan udara, darat dan laut, khususnya di daerah perbatasan secara optimal," kata Menhan. Namun, sebaliknya kerugian negara bisa terjadi karena tidak optimalnya operasi pengamanan laut yang marak dengan penyelundupan BBM, pembalakkan liar dan pencurian ikan di laut.
Menurut Menhan, keterbatasan BBM dapat mempengaruhi operasi alutsista yang dimiliki TNI karena selama ini TNI hanya bisa mengoperasikan 40 persen alutsista. Setiap akhir tahun kita berhutang karena bugetnya terbatas, namun disisi lain kita memerlukan BBM untuk operasi TNI, katanya.
Ia menjelaskan, secara hitung-hitungan Kemhan harus membayar hutang sekitar Rp 8 triliun setiap tahunnya dan sangat mengganggu operasional TNI. Berdasarkan perhitungan BPK, yang diperlukan Kemhan dan TNI sebanyak 0,4 juta liter per tahun karena peralatan alutsista kita sudah tua, sehingga memerlukan BBM cukup banyak.
 
 

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day