Kapal Perang Amerika-Cina Nyaris Bertabrakan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
WASHINGTON — Sebuah kapal penjelajah rudal panduan milik AL Amerika berhasil menghindari tabrakan dengan sebuah kapal tempur Cina di Laut Selatan Cina. Diduga kapal perang Cina sengaja berlayar pada jarak dekat agar dapat bertabrakan dengan kapal perang Amerika.
Insiden ini terjadi kemarin dan berhasil teratasi dengan damai. Namun peristiwa ini menunjukkan peningkatan ketegangan di kawasan itu dan klaim agresif Cina di kawasan yang mencakup perairan internasional dan perluasan wilayah udara.

Wapres Amerika Joe Biden pekan lalu menekan Beijing atas klaim perluasan wilayah perairan dan udara yang berasal dari sengketa lama dengan Jepang yang kini semakin tegang. Beberapa petinggi militer Amerika mengkonfirmasikan rincian insiden di laut lepas yang melibatkan kapal USS Cowpens yang baru saja berlayar.
Kapal tempur Amerika itu sedang berlayar di perairan internasional ketika didekati sebuah kapal tempur AL Cina. Kapal tempur yang lebih kecil itu memisahkan diri dari kumpulan kapal AL Cina yang termasuk di dalamnya kapal induk Liaoning. Kapal Cina itu tidak mau berhenti sekalipun sudah diperingatkan Cowpens melalui radio lantaran berlayar terlalu dekat dengan kapal tempur Amerika.
Akhirnya petinggi militer Amerika di Cowpens memerintahkan seluruh anak buahnya agar menghentikan laju kapal saat kapal tempur Cina sudah berjarak kurang dari 500 yards dari haluan kapal. Lalu kapal Cina itu terus melanjutkan perjalanan melewati Cowpens.
“Ini adalah keputusan yang tidak biasa untuk mengambil tindakan pencegahan di laut guna menghindari tabrakan,” ujar seorang petinggi AL AS.
Bila kapal AL lain dari berbagai negara kerap berlayar dalam jarak dekat saat mereka saling memantau satu sama lain, Washington memandang insiden ini sebagai kasus yang mengarah pada tabrakan karena kapal tempur Cina berada pada jarak yang sangat dekat sehingga memaksa kapal tempur Amerika untuk berhenti.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day