Pemberontak Klaim Kuasai Sudan Selatan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Mantan wakil presiden Sudan Selatan Riek Machar mengklaim pasukan pemberontak telah menguasai negara bagian Unity dan mengambil alih kendali di banyak tempat di negara paling muda di dunia itu.
Machar juga membenarkan pasukan yang memerangi pemerintah berada dalam komandonya. Negara itu terperosok ke konflik berdarah sesetelah Presiden Salva Kiir menuduh Machar berupaya melakukan kudeta.
BBC melaporkan situasi di sana sudah mirip perang saudara, di mana sedikitnya 500 orang tewas sejak dimulainya pertikaian.

Amerika Serikat mengirimkan pasukannya untuk mengevakuasi staf kedutaan dan empat personel cedera ketika pesawat mereka tertembak di Bor, ibukota negara bagian Jonglei.
Tiga pesawat jenis CV-22 Osprey diserang ketika mendekati Bor, yang diduduki pasukan Machar, menurut pernyataan militer AS. Para korban cedera sedang dirawat di rumah sakit dalam kondisi stabil.
Pasukan pemberontak menembaki pesawat itu karena dikira mengangkut orang-orang Uganda.
Machar juga mengklaim komandan senior militer Jend. James Koang mengikuti jejak Jend. Peter Gadet untuk bergabung dengan pemberontak.
"James Koang sekarang menjadi gubernur militer Unity. Dia bertindak seperti gubernur militer di Jonglei - Peter Gadet," ujarnya.
Namun angkatan bersenjata pemerintah menegaskan Koang membelot sendirian tanpa membawa pasukan. Unity, yang berbatasan dengan Sudan, merupakan produsen minyak utama Sudan Selatan. Minyak mencakup 95% pendapatan negeri itu.
"Saya bersedia berunding jika para tahanan politik dibebaskan dan dipindah ke wilayah netral, misalnya Addis Ababa. Para pemimpin politik itu akan turut berunding," kata Machar.
Presiden Kiir juga setuju berunding setelah bertemu para mediator Afrika Jumat lalu. Namun tentara pemerintah saat ini berupaya mengambil alih Bor yang merupakan wilayah konflik paling sengit.
Pasukan pemerintah mendapat dukungan dari helikopter serbu saat masuk ke kota itu.
Sementara itu Uganda membantah berita telah mengirim pesawat tempur untuk mengebom kota dimaksud.
Uganda merupakan salah satu negara yang mengirim pasukan untuk mengevakuasi warganya sendiri.
Presiden Kiir, yang beretnis Dinka seperti mayoritas warga di sana, memecat Machar, dari masyarakat Nuer, Juli lalu.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day