Militan Tembak Jatuh Drone AS di Afghanistan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Kabul - Sebuah pesawat tak berawak AS (drone) telah jatuh di provinsi timur Afghanistan Nangarhar dan Taliban mengklaim bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Aliansi militer Barat mengkonfirmasi peristiwa itu dalam sebuah pernyataan, tetapi tidak memberikan rincian apapun tentang penyebab insiden tersebut.

Tak lama setelah insiden itu, militan Taliban yang tiba di tempat itu dan mengambil pesawat yang jatuh. Para militan telah mengklaim bahwa mereka menembak jatuh pesawat tak berawak tersebut.

Pasukan AS juga telah dikerahkan ke daerah itu untuk mencari drone.

Para militan Taliban telah meningkatkan kekerasan terhadap pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan, menargetkan helikopter NATO dan drone AS.

Mereka mengklaim pasukan mereka telah menembak jatuh beberapa pesawat dan helikopter NATO di berbagai bagian Afghanistan selama beberapa bulan terakhir.

Amerika Serikat secara teratur menggunakan pesawat tak berawak untuk serangan dan misi mata-mata di Afghanistan, serta di kawasan suku barat laut Pakistan dekat perbatasan Afghanistan, di antara tempat-tempat lain.

Washington mengklaim bahwa serangan drone menargetkan militan, namun sumber-sumber setempat mengatakan warga sipil telah menjadi korban utama dari serangan itu.

Selama beberapa tahun terakhir, Washington telah melancarkan serangan pesawat tak berawak di negara-negara Muslim, termasuk Pakistan, Somalia dan Yaman.

Serangan drone, yang diprakarsai oleh mantan presiden AS, George W. Bush, telah terus meningkat di bawah pemerintahan Presiden AS Barack Obama.

Presiden Obama baru-baru ini membela penggunaan drone kontroversial itu sebagai pertahanan diri.

PBB mengatakan serangan pesawat tak berawak AS yang dioperasikan di Pakistan dan beberapa negara lain menimbulkan tantangan yang berkembang pada aturan hukum internasional.

PBB dan beberapa organisasi hak asasi manusia telah mengidentifikasi AS sebagai nomor satu di dunia pengguna pembunuhan yang ditargetkan, yang sebagian besar akibat serangan pesawat tak berawak/drone di Pakistan dan Afghanistan


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day