AS Memasok Dana Untuk Pertahanan Maritim ASEAN

Posted by Alutsista Baru Indonesia
AS akan meningkatkan bantuan keamanan maritim bagi para anggota ASEAN. Hal itu dikemukakan Menteri Luar Negeri AS John Kerry saat berkunjung ke Vietnam Senin (16/12/2013).
Bantuan keamanan bernilai US$ 32,5 juta itu akan diberikan untuk melindungi wilayah teritorial ASEAN dan kebebasan di Laut China Selatan. Kawasan yang kini menjadi wilayah sengketa empat negara ASEAN dengan China.

Bantuan baru yang akan diberikan termasuk bantuan dana US$ 18 juta bagi Vietnam untuk membeli 5 kapal patroli laut untuk petugas penjaga pantai. Dengan demikian sumbangan di dunia maritim untuk kawasan ASEAN mencapai US$ 156 juta dalam dua tahun ke depan.
Meski tak disebutkan, namun bantuan AS itu erat kaitannya dengan penerapan ‘Zona Pertahanan’ oleh China. Langkah Beijing itu membuat 10 anggota ASEAN merasa cemas. Termasuk Vietnam dan Filipina, dua negara yang dikunjungi John Kerry.
‘’Bantuan ini untuk meningkatkan dukungan AS yang kini lebih memusatkan perhatian di Asia Pasifik,’’ kata John Kerry dalam konperensi persnya. ‘’Perdamaian dan stabilitas keamanan di Laut China Selatan menjadi prioritas utama bagi kami dan negara-negara di kawasan ini,’’ lanjutnya.
Ketegangan semakin memuncak 5 Desember lalu, tatkala kapal perang China hampir bertabrakan dengan kapal induk AS USS Cowpens dekat basis militer China di Liaoning. Harian China ‘Global Times’ melaporkan bahwa kapal AS yang lebih dulu membuat gara-gara dengan berlayar terlalu dekat dengan Liaoning dan berada di posisi 30 mil perairan China. [NBC News/tjs].

2 comments:

  1. Tolong Catat:

    Bkn pertahanan maritim ASEAN, tp hny utk Viet, filip dan S'porn.
    Neg qta ga sudi trm krn dbalik itu ada kpntigan USAgressor yg lbh bsr, bhkan kmudian hr neg2 tsb jd kacung dan keset USAgressor. Viet ko ga pny hrga diri ya? sdh djajah ma USAgressor tp mlh mau jd kacung nya, ck ck ck

    ReplyDelete
  2. Kalau pingin aman AS ya bantu tu ASEAN militernya dr ancaman global China, kalau tdk ada bantuan keamanan akan beralih menjadi keamanan China dan AS hrs mundur dr keamanan ASEAN

    ReplyDelete

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day