Kehadiran Pasukan AS Sebuah Kekhawatiran Baru Bagi Sudan Selatan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Jonglei - Ketika Pentagon menurunkan pasukan dan pesawatnya dari Spanyol ke Afrika untuk membantu evakuasi setiap orang Amerika yang berada dalam wilayah kekerasan Sudan Selatan, seorang analis kebijakan Afrika mengatakan kehadiran pasukan AS di wilayah itu bisa menjadi sumber kekhawatiran.

"Intervensi Asing selalu berharap untuk alasan yang seolah-olah baik. Mereka mungkin memiliki alasan yang baik dan mereka masuk dan Anda tahu, setidaknya publik mereka menyatakan alasan yang baik tetapi mereka mungkin memiliki agenda tersembunyi. Jadi, ya, saya khawatir tentang itu," Nii Akuetteh, seorang analis kebijakan dan aktivis yang lahir di Ghana, mengatakan dalam sebuah wawancara.

Presiden AS Barack Obama mengatakan pekan lalu bahwa Washington akan mengambil tindakan jika diperlukan di Sudan Selatan setelah sebuah pesawat militer AS diserang di negara Afrika, melukai empat tentara Amerika, salah satu dari mereka kritis.

Pada hari Senin lalu, sekitar 150 Marinir AS tiba di Djibouti pada Tanduk Afrika untuk setiap permintaan keamanan dan evakuasi yang mungkin berasal dari Departemen Luar Negeri AS.

Diperkirakan 100 warga AS yang diyakini berada di Sudan Selatan, di mana kekerasan dapat menyebabkan perang saudara di negara terbaru di dunia.

Krisis dimulai pada pertengahan Desember, menyusul perebutan kekuasaan antara Presiden Salva Kiir dan mantan Wakil Presiden Riek Machar. Kekerasan sekarang cepat menyebar, membagi negara itu di sepanjang garis etnis.

"Di permukaan, ya, Amerika ada yang perlu dibawa keluar, beberapa telah dibawa keluar, mereka mengatakan bahwa mereka ingin melindungi kedutaan mereka," kata Akuetteh.

"Tapi, saya khawatir ini mungkin menjadi penutup untuk sesuatu yang lain," tambahnya.

http://www.wartanews.com

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day