RI Tantang Perang Australia

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Jakarta - Potensi meletusnya perang terbuka antara Indonesia dan Australia sangat mungkin terjadi. Kapan? Tergantung pada situasi, apakah persoalan yang menjadi dasar munculnya permusuhan bereskalasi cepat atau lambat.
Sebagaimana diakui Juru Bicara TNI AL dan TNI AU, armada perang Indonesia sudah mendekat ke wilayah Australia. Sejumlah kapal perang telah dipindahkan ke perbatasan Australia. Sejumlah pesawat tempur lagi, sudah disiagakan. Sehingga secara faktual, tensi permusuhan Indonesia terhadap Australia sudah mendidih.
Penyiagaan armada tempur oleh pihak Indonesia bisa diartikan sebagai sebuah tantangan baru terhadap Australia. Dan bila Australia juga menerima tantangan, perang terbuka laut dan udara, tentunya tak terhindarkan.
Lain halnya kalau kesiapan itu hanya dimaksudkan sebagai sebuah perang urat syaraf (psy war) semata.
Disiagakannya armada tempur Indonesia merupakan buntut dari ketersinggungan Jakarta atas sikap Canberra. Tetangga Selatan ini melakukan pelanggaran atas wilayah Indonesia. Pelanggaran Australia terjadi ketika kapal-kapal perangnya mengusir kapal-kapal sipil yang memuat para pencari suaka politik berusaha masuk ke Australia. Mereka yang sudah berada di wilayah Australia, diusir kembali ke perairan Indonesia.
Ketika mengusir, kapal Australia ikut merangsek ke perairan Indonesia. Para pencari suaka, umumnya berasal dari negara-negara Balkan, Eropa Timur dan Asia Selatan. Rute mereka Samudera Hindia yang melewati perbatasan Indonesia-Australia, yakni perairan seputar Cilacap, Jawa bagian Selatan dan Pulau Christmas (Australia).
Sebetulnya, Indonesia sudah melayangkan surat protes atas insiden itu. Dan pemerintah Australia secara resmi sudah mengakui pelanggaran itu serta telah pula meminta maaf. Namun otoritas Indonesia, nampaknya tidak merasa puas kalau hanya melayangkan protes diplomatik. Begitu juga Indonesia tidak merasa cukup dengan pernyataan permintaan maaf oleh Menteri Imigrasi Australia, Scott Morrison. Lalu Indonesia pun menyiagakan kekuatan tempur militer.
Meningkatnya aroma permusuhan ini, cukup menarik. Sebab tensi kemarahan Indonesia merebak hanya selang tiga bulan setelah terjadi perang pernyataan antara Presiden SBY dan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott.
Presiden RI mendesak PM Australia meminta maaf karena intelejens Australia telah melakukan penyadapan telpon Presiden SBY, Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah pejabat tinggi. Namun Abbott yang merasa tidak bersalah, bersikeras tidak mau menuruti permintaan SBY.
Alhasil, Presiden SBY tersinggung, lalu membekukan semua kerja sama kedua negara. Termasuk membatalkan latihan militer bersama yang sedang berjalan ketika itu. Melalui "Selalu Ada Pilihan", buku terbarunya, yang diluncurkan 17 Januari lalu 2014, SBY kembali menegaskan ketersinggungannya atas sikap Abbott yang tidak bersedia meminta maaf.
Ketersinggungan SBY atas sikap Abbott dan penyiagaan armada tempur Indonesia, kelihatannya masih saling berkait. Sebab pengumuman kesiagaan tempur pasukan Indonesia muncul tak lama setelah SBY meluncurkan buku "Selalu Ada Pilihan".
Disamping itu baru kali ini Indonesia bersikap keras dan tegas kepada negara tetangga. Pelanggaran perbatasan oleh negara tetangga bukan baru kali ini terjadi. Yang paling sering, Malaysia. Akan tetapi terhadap tetangga dekat Indonesia ini, Presiden RI belum pernah menyiagakan armada tempur.
Dalam kasus pelanggaran Malaysia, SBY yang sudah didesak oleh berbagai kalangan di dalam negeri, tetap melunak. SBY tetap mengabaikan desakan rakyatnya. SBY berdalih, kepentingan kerja sama bisnis kedua negara, jauh lebih penting.
Padahal Malaysia bukan hanya melakukan pelanggaran batas di sepanjang wilayah perbatasan Kalimantan. Malaysia bahkan mencaplok pulau-pulau milik Indonesia yang terletak di ujung perbatasan kedua negara. Itupun tak pernah digubris armada tempur Indonesia maupun oleh SBY. Malaysian juga tidak pernah meminta maaf. Berbeda dengan Australia yang langsung meminta maaf.
Atas sikap mendua dari Indonesia terhadap dua negara tetangga, mencuatkan kesan, kemarahan Indonesia terhadap Australia boleh jadi lebih dipicu oleh emosi pribadi seorang SBY. Pelanggaran Australia terlalu didramatisir, dipaksakan dan dibesar-besarkan.
Oleh karenanya penyiagaan armada tempur Indonesia menghadapi tetangga (Australia) juga memancing berbagai spekulasi. Apakah usaha menciptakan perang dengan Australia, sebagai bagian dari usaha pembelokan isu oleh pemerintahan SBY?
Spekulasi ini mengemuka dengan alasan pemerintahan SBY yang sedang kehilangan akuntabilitasnya di dalam negeri, mencoba menciptakan satu "musuh bersama". Dan "musuh bersama" yang paling pas saat ini adalah Australia. Jadi rakyat diberi wacana, ancaman paling berbahaya bagi kedaulatan dan kesatuan NKRI adalah Australia.
Tapi selain spekulasi, pada saat bersamaan, kesiapan berperang dengan Australia, juga mencuatkan kekhawatiran. Yakni jika terjadi peperangan kedua negara, dampaknya akan destruktif bagi Indonesia sangat besar.
Mengapa ? Karena seluruh kekuataan saat ini sedang sibuk menghadapi Pemilu 2014. Tahun politik 2014, sangat menyita konsentrasi dan waktu. Kalau waktu dan konsentrasi masih harus dibagi ke peperangan, konsekwensinya, Pemilu 2014 bakal gagal atau sedikitnya terganggu. Gagal atau terganggu, bukan lagi menjadi persoalan bagi rezim sekarang. Karena toh rezim SBY akan berakhir pada 20 Oktober 2014.
Selain masalah politik, Indonesia juga mengalami keterpurukan di bidang ekonomi. APBN 2014 hanya sekitar Rp1.400 triliun. Sementara akumulasi utang RI sudah mencapai Rp3.000-an triliun. Defisit anggaran tak bisa dihindarkan. Bagaimana Indonesia membiayai sebuah perang?
Dalam kondisi perekonomian dan politik yang serba amburadul, dan kepercayaan masyarakat terhadap Presiden SBY demikian merosot, apakah Indonesia benar-benar siap berperang dengan Australia ?
Dalam situasi dimana kelengkapan Alutsista (Alat Utama Sistem Pertahanan) masih terbatas, apakah mungkin armada tempur Indonesia mampu mengalahkan Australia? Jangan-jangan kesiapan tempur itu hanya untuk memenuhi ego pribadi seorang Presiden yang kebetulan berlatar belakang militer dan mempunyai rekam jejak bertempur di Timor Timur (kini Timor Leste).
Oleh sebab itu tantangan Indonesia bertempur dengan Australia bisa bersifat fatal. Fatal sebab secara ekonomi dan politik, Indonesia memiliki kelemahan yang cukup serius. Alasan untuk berperang dengan Australia, tidak cukup kuat. Seluruh rakyat Indonesia pun belum terkondisi bahwa Australia saat ini merupakan ancaman. Dan apakah perang oleh militer yang tidak melibatkan dukungan penuh rakyat bisa efektif?
Keraguan atas minimnya dukungan rakyat terhadap perang menghadapi Australia cukup beralasan. Sebab pemerintah juga belum memberikan arahan, bagaimana kebijakan penanganan puluhan ribu siswa dan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Australia?
Kalau akhirnya perang dengan Australia meletus, yang bakal dihadapi Indonesia bukan hanya negeri kanguru saja. Melainkan negara lain yang sama dengan Australia sebagai anggota persemakmuran. Kebetulan negara-negara itu semuanya bertetangga dengan Indonesia. Mulai dari Papua Nugini, sampai dengan Brunei Darussalam, Singapura dan Malaysia.
Pada akhirnya, ketika perang dipetakan, Indonesia akan berada pada posisi yang terkepung. Dengan lemahnya performa Indonesia di dunia diplomasi, jangan-jangan tak satupun negara sahabat di dunia yang bersedia mendukung. Lalu apa hasil dan manfaat yang bisa dipetik Indonesia dari peperangannya dengan Australia? Paling banter uji persenjataan. Lebih dari itu, tidak.
Politik semakin amburadul, ekonomi makin kacau. Pada saat yang sama SBY sebagai Panglima Tertinggi sedang atau sudah bersiap-siap meninggalkan panggung kekuasaan. Jadi hanya kehidupan fatal yang dihasilkan dari peperangan tersebut.
Satu hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh pengendali armada tempur Indonesia, memulai perang merupakan hal yang mudah. Yang sulit adalah bagaimana menghentikan atau mengakhirinya.
Falsafah ini sudah terbukti. Tak ada satupun perang di dunia yang berakhir dalam waktu singkat. Oleh sebab itu para pecinta perdamaian, selalu beranggapan, aksioma sebuah peperangan sangat sederhana. "Menang jadi abu, kalah jadi debu ".
Terpulang kembali kepada pemberi komando peperangan. Mana yang harus dipilih. Mau perang atau berdamai. Karena toh dalam setiap permasalahan, "Selalu Ada Pilihan".


14 comments:

  1. 1. Semua orang tidak suka berperang.
    2. Ausi merupakan tetangga yg arogan dengan perlakuan yang tidak mencerminkan sikap bertetangga dengan Indonesia (menang sendiri).
    3. TNI hanya menjaga perbatasan agar tidak dimasuki maling.
    4. Pengarang membuat judul yg provokatif "RI tantang perang Australia".
    5. Pengarang membalikan fakta bahwa hilangnya pulau oleh Malaysia karena SBY, hilangnya pulau sepadan ligitan bukan jamannya SBY, karena saat itu Presidennya bukan SBY.
    6. Lepasnya Timor Timur dari NKRI akibat ulah Australia.
    7. Pengarang berusaha membalikan fakta untuk mempengaruhi pembaca.
    8. Pengarang tak ubahnya penghianat bangsa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. SANGAT SETUJU dengan opini anda, saya kira pengarang ini adalah PENGHIANAT bangsa yang menghalalkan segala cara untuk mendiskreditkan pemerintahan SBY. Right or wrong SBY is our president !!! Ketika kebutuhan Negara mengharuskan kita memilih sebaiknya kita bersatu dibelakang Presiden kita karena suka atau tidak suka SBY adalah presiden kita yang sah !!

      Delete
  2. pengarang nampak nya antek asing yg mau menggiring opini pembaca agar terlihat indonesia lemah baik militer maupun ekonomi nya, dan kalau pun perang dengan oz rakyat tdk mendukung, padahal sepengetahuan saya kalau kedaulatan negara sudah di lecehkan pasti rakyat 1000% akan mendukung. dan juga pengarang tulisan menggambarkan bahwa ketika bergesekan dengan malaysia tdk ada pengerahan armada tempur, ini juga ngAwur, la kan ketika kasus ambalat kmrn kapal perang juga disiagakan di sana dan marinir juga sudah dikirim ke pulau sebatik, coba bung penulis kalau buat tulisan jangan ngawur

    ReplyDelete
  3. haha, ngak berani lah indonesia nak perang ngan australia. lihat siapa di belakang nya.. cukup dgn sekat ekonomi ja. beres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei ano, begitu juga pemikiran induk semang lo nenek Eli waktu mendaratkan pasukan di Surabaya, merasa jumawa sebagai pemenang PD II, tapi lihat hasil akhirnya kami tetap berjuang & mereka tertegun dengan hasilnya & harus rela dengan ribuan pusara pasukannya di Cassablanca, lo malon mana ngerti arti perjuangan, kemerdekaan aja dikasih...

      Delete
    2. Indonesia tidak butuh dunia, syukur kepada tuhan sda kami melimpah, jika ASU & antek2nya meninggalkan kami emang gw pikirin, masih banyak negara lain yg ngantri ingin bekerjasama dengan Indonesia, dan itu fakta yg sedang terjadi...

      Delete
    3. Ano 15:45 We may poorer than your country but WE HAVE DIGNITY and WE HAVE OUR OWN PROUD as nation NOT like your... keep licking Briton ass juts to get little freedom !!
      We were taught to be tough and fight and NEVER licking some white ass like what you did !!
      I feel really....really...really... sorry for your country... the country with NO identity..!!! By race you are Asian... by attitude you are NOT MORE than ass licker...like A DOG... you know dog..? auk..auk...auk and keep your tail between the legs !! hehehhehe

      Delete
  4. Penulis artikel ini kelihatannya antek anjing kapitalis nih, memutar balikkan fakta dengan data2 meragukan, perlu dicamkan penulis, kecanggihan alutsista memang perlu tapi bukan yg utama, jangan lupa senjata utama bangsa ini adalah sifat militansi tinggi penduduknya yg dalam tubuhnya mengalir darah2 pejuang pendahulu mereka, untuk kasus ausi, sikap si PM Abbot gengsi ini se kali2 perlu diajari tatakrama & sopan santun tentang adab bangsa Asia, & jika tetap bebal & gengsi ya tampar aja dengan perang, kami siap mendukung & menyerahkan kebijaksanaannya kepada pemerintah & TNI, NKRI harga mati...

    ReplyDelete
  5. Yg nulis masih bloon, dulu jaman bambu runcing penjajah sdh pakai pespur,tank & kapal laut tp ttp kalah dan kita merdeka, vietnam vs amerika amerika gk dpt apa2 Kecuali malu dan ribuan tentaranya yg gugur, bahkan pemimpin besar vietnam saja belajar pada jendral indonesia ttg perang gerilya, malysia....baru ketemu laskar lahad datu saja sdh serabutan bahkan pak jet tempur canggih segala....

    ReplyDelete
  6. angkatan perang indonesia harus siap perang ataupun tidak...negara tetangga ataupun jauh...jangan ganggu indonsia....malinsial,singp dan aus tlah bekali kali mecob mengusik ketengan indonesia ,yang sudh terjadi malsial telah mengambil pulau, aus telah memerdekakan timr-tmr jagn2 irian juga mau merdekan oleh aus itu, sing dan ppngni mulai mecobacoba apalagi yang d tunggu....apakah kita mau ters di acak2 dan ditakuttakuti....satukan indonesia gertak merekapasang peluru di perbatasan.,, melanggar tembakkalu mau perang ayoooo...jangan cobacoba ,kita cinta damai tegakkkan kedaulatan indonesia...jayala indonesia ku

    ReplyDelete
  7. Perang hanyalah jalan terakhir , bagi negara berdaulat seperti Indonesia.
    Dalam hal ini penulis sangat tidak teliti dalam menyelusuri sebuah akar permasalahan , dan terkesan membuat prokokasi antara " Indonesia dan Australia " , juga sangat nampak ada kesan memihak Australia. Penulis mengecilkan kekuatan Militer Indonesia dan membanggakan kekuatan Ausi Cs ( Malasyia , Singapura , Brunai dan Australia sendiri . Tapi penulis Lupa Posisi Indonesia di dalam Daftar negara dengan kekauatan alat tempurr di Dunia , Peringkat Indonesia ( 15 Dunia ) jauh di atas ke-4 Negara yang di banggakan penulis. Bahkan di Asia , Peringkat ini bukan hasil Rekayasa atau hasil Blusukan SBY ,tapi murni hasil dari penilaian dan penelitan badan Independent yang menghususkan diri dalam menilai kekuatan pertahanan ( Mmiliter ) sebuah negara.
    Satu contoh Jika Konplik Indonesia - Singapura terjadi..ea Betul Singapura superior dengan pesawat tempur , kapal selam dan dan kekauatan ekonomi'a., Tapi jika perang terjadi Ini laksana seekor semut melawan gajah , Singapura dengan kecanggihan pesawat tempur,a bisa dengan mudah menghancurkan pulau Batam ( terdekat ) , tapi Singapura yg merupakan negeri tanpa daratan ( kecil ) akan dengan mudah Hilang dari peta dunia ( di gempur habis militer Indonesia ) dengan kekautan pasukan yang 50x lipat besar'a dari pasukan Singapura , begitu juga dengan Malasyia , Brunei dan papua Nugini.
    Sekarang dengan Australia , Indonesia-pun masih Unggul jauh dari segi SDM dan jumlah Alutsista'a. Dari segi keprajuritan Indonesia Punya berbagai Batalion tempur ( Darat , alut dan Udara ) dengan kemampuan tiap elemen berbeda . Ingat kemampuan individu prajurit Koppasus ( TN!-Ad ) berada di peringkat 3 Dunia di bawah SAS dan Mossad , Koppasus bahkan lebih baik dari Us Armi /Us Navi. Konon kemampuan seorang Prajurit Koppasu setara dengan 8 Prajurit tempur Biasa , dan Di atas Koppasus Indonesia Memilih detasamen jalamangkara dan Taifib , yang kemampuan seorang taifib setara dengan 5 orang Koppasus.
    Terlepas dari Itu semua , perang bukan hanya masalah Alusista semata , tapi jumlah Prajurit , Rakyat dan pengalaman perang dalam sejarah sebuah negara-pun turut menjadi kunci kemenangan . Ingat Indonesia adalah negara yg merdeka dengan perjuangan ( Menang perang ) , Beda dengan Australia sebagai negara tanpa sejarah perang , Australia adalah sebuah pulau buangan bagi tentara yang kalah perang dan berubah menjadi sebuah negara , di bawah kekuatan Inggeris Raya dan sekutu'a. Kalaupun itung-itungan Indonesia sebagai negara yag terjepit 4 negara persemakmuran inggeris , siapa yang bisa menjamin kalau perang terjadi antara Indonesia - Australia , Rusia , China , dan negara Aprika tidak turun tangan ketika negara sahabat mereka menghadapi perang yang tidak seimbang , bukankah China , Rusia dan Aprika adalah negara yang selama ini selalu bertentangan dengan Blok Eropa Barat dan cenderung Dekat dengan Indonesia ??, Terlebih perang adalah sarana Promosi bagi negara-negara Produsen senjata tempur !

    ReplyDelete
  8. jepang lebih mengetahui kekuatan indonesia yang nampak dan tidak nampak dari pada penulis dan tuan-tuannya...bunker ,lab dan reaktor2 peninggalan jepang masih terjaga rapi dan beroperasi hingga kini..bekas2 tentara jepang yang menjadi WNI adalah pegawas dan penjaga agar indonesia dan jepang tidak dikenakan sanksi oleh dunia internasional...agaknya saja

    ReplyDelete
  9. Penulis adalah bodoh,bego.tolol,dongo,blo'on & musuh negara....!!!

    ReplyDelete
  10. perang ya perang damai ya damai...gitu aja kok repot

    ReplyDelete

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day