ADIZ baru China dan aturannya yang keras menjadi bumerang

Posted by Alutsista Baru Indonesia
China kemungkinan besar akan menyiapkan Zona Identifikasi Pertahanan Udara [ADIZ] kedua pada daerah yang dipersengketakan di Laut China Selatan setelah menyiapkan zona pertama pada bulan November atas sebagian besar Laut China Timur.
Namun demikian, Beijing telah membayar biaya yang tinggi dari segi diplomatik dan strategi di wilayah Asia Pasifik atas ADIZ pertamanya, yang juga dapat mengancam prospek perdagangan dan investasi China.

Menteri Pertahanan Nasional China mengumumkan tanggal 23 November bahwa China sudah membuat ADIZ baru yang tumpang-tindih dengan Jepang di Laut China Timur. Kedua ADIZ negara tersebut mencakup ruang udara atas Kepulauan Senkaku, yang berada di bawah pemerintahan Jepang, tetapi juga diklaim oleh China, yang menyebutnya Kepulauan Daioyutai.
ADIZ China mengeluarkan perintah agar negara itu diberi tahu tentang pesawat udara apa pun yang memasuki zona tersebut - meskipun pesawat tersebut tidak bermaksud mendarat di daratan China.
“Yang harus kita tekankan adalah, bahwa China akan mengidentifikasi seluruh aktivitas dari semua pesawat udara di Zona Identifikasi Pertahanan Udara Laut China Timur," menurut juru bicara Kementerian Pertahanan, Geng Yansheng dalam pernyataannya. "China memiliki kemampuan untuk melakukan pengelolaan dan kontrol efektif atas ruang udara yang bersangkutan.”
Tiga hari setelah pengumuman China, Amerika Serikat melakukan operasi penerbangan rutin dengan menerbangkan dua pesawat bomber jarak jauh strategis B-52 yang tidak dipersenjatai di atas daerah sengketa di Laut China Timur pada sebuah latihan udara. A.S. tidak mematuhi petunjuk Beijing baru-baru ini seperti yang dinyatakan pada ADIZ baru, yaitu mengajukan pemberitahuan sebelumnya bagi semua penerbangan, dan secara jelas A.S. mengindikasikan bahwa A.S. tidak mengakui ADIZ baru ini atau bermaksud mengubah pengoperasian rutin yang dijalankannya.
Beberapa analis China berpendapat bahwa ADIZ ini merupakan tanggapan terhadap pertahanan misil ballistik A.S. (U.S. ballistic missile defense/BMD] - yang ditempatkan di Jepang dan Korea Selatan.
Namun, bukannya menghalangi Jepang dan Korea Selatan untuk mengerahkan sistem rudal di wilayah mereka, pengumuman ADIZ Laut China Timur telah menimbulkan efek sebaliknya. ADIZ tersebut telah mendorong kedua negara demokrasi industri menjadi lebih dekat dengan sekutu tradisional mereka, Amerika Serikat.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day