Lembaga intelijen Australia (ASIO) Rebut Dokumen Perjanjian Gas Timor Leste dari pengacara yang mewakili Timor Leste di pengadilan internasional

Posted by Alutsista Baru Indonesia

DILI - Lembaga intelijen Australia, ASIO, dikabarkan merebut sebuah dokumen kerja sama minyak dan gas bumi dengan Timor Leste. Sebelumnya, Timor Leste membawa masalah ini ke pengadilan intenasional, setelah menuduh Australia melakukan penyadapan.

Menurut Timor Leste, Negeri Kanguru mendapatkan untung besar kesepakatan tersebut. Penyadapan lah yang membuat Australia memperoleh keuntungan, karena pihak intelijen melakukan penyadapan terhadap kabinet Timor Leste yang tengah membahas kesepakatan.


Di tengah tuntutan yang diajukan oleh Timor Leste, ASIO dikabarkan melakukan penggerebekan terhadap pengacara yang mewakili Timor Leste di pengadilan internasional. Penggerebekan yang terjadi Desember 2013 tersebut, dikabarkan berujung pada disitanya dokumen penting terkait perjanjian tersebut.

ASIO menggerebek kantor pengacara Bernard Collaery di Canberra. Di antara dokumen yang berhasil mereka rebut adalah dokumen yang mengatur perjanjian minyak dan gas bumi, yang diperkirakan memiliki keuntungan hingga USD40 miliar.

Timor Leste menilai pihaknya berhak untuk meminta kembali dokumen tersebut. Mereka pun mendesak pengadilan internasional untuk memerintahkan Australia mengembalikan dokumen.

"Demi mengembalikan kekayaan (alam) kami, Timor Leste meminta perlindungan atas jalur komunikasi yang terancam hak pribadinya terancam (disadap)," ujar Menteri Negara Timor Leste Agio Pereira, seperti dikutip Guardian, Senin (20/1/2014).

Bagi Timor Leste penyadapan telah memberikan keuntungan besar bagi Australia untuk memperoleh kesepakatan keuntungan pengelolaan gas Certain Maritime Arrangements in the Timor Sea (CMATS) pada 2006.

Traktat CMATS ditandatangani oleh pemerintahan Australia di masa John Howard dengan Timor Leste. Lewat traktat tersebut, Timor Leste dan Australia membagi hasil keuntungan pengembangan gas sebanyak 50-50. Namun dengan penyadapan, Australia berhasil mendapatkan untung yang besar. (faj)


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day