Relokasi Pangkalan Militer AS di Nago Terancam Batal

Posted by Alutsista Baru Indonesia


Namine memenangi pemilihan walikota, pada Ahad (19/1) malam selama ini menentang relokasi pangkalan militer AS ke kotanya. Ia bersumpah akan terus memblokir pembangunan dasar pangkalan itu, dengan menghentikan izin proyek.

"Rencana tersebut harus kembali ke titik awal, saya akan menolak semua prosedur yang didasarkan pada proyek pembangunan fasilitas baru," kata Inamine.


AS dan Jepang sebelumnya telah menyetujui pemindahan pangkalan udara Korps Marinir AS di Futenma ke wilayah Nago, sejak tahun 1996. Namun, banyak warga Okinawa menentang hal itu dan meminta pangkalan tersebut seluruhnya dipindahkan dari Okinawa.

Rencana pemindahan pangkalan udara mendapat dorongan dari Gubernur Okinawa, bulan lalu. Kala itu gubernur memberi lampu hijau untuk mereklamasi lahan demi membangun basis militer baru. Para penentang mengajukan gugatan pekan lalu, mereka berusaha membatalkan persetujuan gubernur itu.
TOKYO-- Terpilihnya kembali Susumu Inamine sebagai Wali Kota Nago, Okinawa mengancam kesepakatan pemindahan pangkalan militer Amerika Serikat ke wilayah tersebut.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day