AS Sadap 100 Ribu Komputer Militer di Dunia

Posted by Alutsista Baru Indonesia
AMERIKA Dikabarkan Amerika Serikat telah melakukan penyadapan di hampir 100.000 komputer penting di dunia. Tidak tanggung-tanggung, penyadapan yang dilakukan National Security Agency (NSA) itu berhasil mata-matai lembaga-lembaga militer di Cina dan Rusia, termasuk pusat perdagangan Uni Eropa dan institusi di dalam Arab Saudi, India dan Pakistan.
Seperti dilaporkan the New York Times pada Selasa yang mengutip dokumen dari NSA, para ahli komputer dan pejabat AS menyatakan NSA telah menggunakan teknologi gelombang radio untuk mendapatkan akses ke komputer lain yang dienkripsi atau mesin yang tidak terhubung ke internet.

Sementara The Times melaporkan, NSA telah memasukkan papan sirkuit kecil ke beberapa komputer selama beberapa tahun terakhir. Teknologi ini memungkinkan mesin yang tidak terhubung dengan internet dapat dihack, dan membobol enkripsi dan sistem anti-spyware yang lain untuk mencegah tindakan peretasan melalui world wide web.
Menurut Times, dokumen itu juga menyebutkan, sebagai bagian dari upaya untuk “pertahanan aktif”, telah digunakan teknologi untuk memantau unit-unit tentara Cina dan Rusia, Kartel Narkoba, lembaga-lembaga perdagangan Uni Eropa, dan sekutu AS termasuk Arab Saudi, India dan Pakistan.
Adapun target yang paling sering diawasi adalah tentara Cina. Pasalnya, AS menuduh Tentara Cina melancarkan serangan siber secara reguler pada sasaran industri dan militer Amerika dan sering mencuri rahasia atau kekayaan intelektual AS.
Para pejabat AS selama ini protes dengan serangan siber Cina yang menempatkan software yang serupa pada sistem komputer perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah AS.
NSA mengatakan cara Cina itu tidak pernah mereka lakukan sebelumnya, kecuali hanya untuk pertahanan negara.
“Kegiatan NSA hanya difokuskan dan khusus dikerahkan melawan -dan hanya melawan- target intelijen asing yang valid dalam memenuhi kebutuhan intelijen,” kata Vanee Vines, juru bicara NSA dalam sebuah pernyataan kepada Times.
“Kami tidak menggunakan kemampuan intelijen kami di luar negeri untuk mencuri rahasia dagang dari perusahaan asing atas nama -atau memberikan hasil intelijen yang kami kumpulkan untuk – perusahaan-perusahaan AS demi meningkatkan daya saing internasional mereka atau meningkatkan kapasitas mereka.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day