Melihat Lebih Dekat Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
DIKENAL sebagai grup elite TNI Angkatan Darat, nama Komando Pasukan Khusus (Kopassus) identik dengan kesan “angker” dan “sangar”. Tak terkecuali dengan markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo. Karena itu, untuk menepis anggapan negatif tersebut korps yang juga memiliki nama Dwi Dharma Bhirawa Yudha itu menggelar press gathering di Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Jumat (17/1/2014).

“Dengan acara ini, kami harap kita bisa lebih dekat kepada masyarakat. Harapannya masyarakat bisa lebih mengenal Kopassus sehingga Kopassus tidak terkesan angker,” kata Wakil Komadan Grup 2 Kopassus, Letkol (Inf.) M. Hasan.
Dalam kesempatan itu wartawan diajak melihat lebih dekat markas satuan yang terkenal dengan kemampuan tempur di segala medan itu.
Setelah salat Jumat, wartawan langsung dijamu dengan Meal Ready to Eat (MRE) yang biasa dikonsumsi militer dan polisi ketika bertugas di lapangan. Suasana akrab sangat terasa antara para wartawan dan perwira Kopassus di Grup 2 Kandang Menjangan. Sambil menikmati hidangan khas tersebut, wartawan mencoba sulitnya melempar pisau tepat di sasaran.
Usai makan siang, wartawan diajak berkeliling kompleks Markas Kopassus Kandang Menjangan itu. Dalam tur tersebut, dapat diketahui bahwa Markas Kopassus tidak sekedar tempat latihan. Areal seluas 250 hektar itu bagaikan sebuah kota kecil.
Hampir semua infrastruktur dan fasilitas yang menunjang kehidupan sehari-hari bisa kita temui di sana. Bahkan di markas tersebut juga ada instalasi pengolahan biogas untuk memenuhi kebutuhan perumahan Kopassus yang sekompleks dengan markas itu. Tidak hanya itu, Markas Kopassus juga memiliki danau dan sawah. Fasilitas tersebut tidak eksklusif untuk anggota Grup 2 Kopassus saja.
“Masyarakat juga sering beribadah di Masjid dan Pura di sini. Warga juga ada yang menyekolahkan anaknya di TK sini,” terang Kasi Intel, Kapten Dhanang kepada wartawan.
Tur keliling markas kemudian dilanjutkan dengan penayangan profil Kopassus di Pesanggrahan yang berada di dalam markas. Di bangunan tua peninggalan PB X itu diuraikan lebih lengkap tentang Kopassus. Profil, sistem perekrutan, hingga sejarah Grup 2 Kopassus diungkapkan dalam sesi yang cukup santai.

Sedianya, setelah presentasi tersebut akan diadakan sesi shooting trial di mana wartawan diberi kesempatan mencoba menembak target di lapangan latihan tembak. Sayang hujan turun cukup deras sehingga sesi tersebut dibatalkan.


1 comment:

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day