Kongres Hadang Transfer Drone dari CIA ke Pentagon

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Washington -  Upaya Presiden Barack Obama untuk mentransfer program mematikan pesawat tak berawak (drone) sangat rahasia Amerika Serikat dari Dinas Intelijen CIA (Central Intelligence Agency) ke Kementerian Pertahanan (kerap disebut dengan Pentagon) digagalkan oleh anggota Kongres.

Wired, mengutip Washington Post Rabu 15 Januari 2014, menulis, anggota Kongres memasukkan lampiran yang bersifat rahasia dalam undang undang belanja pemerintah federal AS US$ 1,1 triliun minggu ini, yang itu akan membatasi pendanaan atau pengesahan pengalihan drone dari CIA ke Pentagon.

Langkah ini adalah salah satu yang tidak biasa untuk Kongres. Perdebatan soal itu berlangsung tertutup untuk lingkaran kecil karena sifat rahasia dari addendum tersebut.

Presiden Obama, di bawah tekanan besar dari kelompok kiri atas kematian warga sipil akibat program drone, beberapa waktu lalu mencari cara untuk menjauhkan diri dari program kontroversial yang dianggap sejumlah organisasi sebagai pelanggaran hukum internasional.

Namun, banyak anggota Kongres, termasuk dari partai penyokong Obama, Demokrat, tidak sepakat dengan pengalihan kontrol atas operasi drone itu.

Senator Demokrat, Dianne Feinstein, yang juga ketua Komite Intelijen Senat menolak memberikan komentar soal langkah Kongres ini. Tapi tahun lalu ia pernah mengatakan bahwa ia melihat CIA sudah teruji dalam mencegah kerusakan besar akibat drone dan dia "benar-benar harus diyakinkan bahwa militer akan melaksanakan itu dengan baik."

Para ahli mengatakan bahwa sementara program drone akan disesuaikan sedikit sesuai kebutuhan, perdebatan besar soal arah program ini sudah disimpukan tahun lalu. "Secara realistis, jendela peluang untuk mereformasi kebijakan bagaimana AS melakukan serangan kontraterorisme mematikan tertutup di Washington," kata kolega di Council on Foreign Relations, Micah Zenko.

Namun, selama sidang pencalonannya sebagai direktur CIA Februari 2013 lalu, John Brennan mengatakan bahwa operasi mematikan drone adalah sebagai "upaya terakhir" dan bisa mengalihkan perhatian CIA dari misi utamanya sebagai badan pengumpulan informasi intelijen.

Di saat waktu sidang konfirmasi Brennan sebagai direktur CIA itu, Presiden Obama mulai meletakkan dasar peralihan kebijakan drone.

Dalam pidato soal kontraterorisme di Universitas Pertahanan Nasional, Mei 2013, Obama secara tidak jelas mengisyaratkan bahwa ia akan meminimalkan jumlah serangan mematikan dan ia akan mengalihkan operasi program drone dari CIA ke Pentagon. Beberapa pengamat menyebut langkah ini sebagai upaya untuk membuat program itu lebih transparan.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day