TNI AL Gelar Latihan di Natuna Maret 2014

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) bekerja sama dengan Mare Nostrum Indonesia akan menggelar latihan Naval Multilateral dan Indonesia International Maritime Festival di Kepulauan Anambas, Batam dan Natuna pada 22 Maret-6 April 2014 mendatang.

Kegiatan ini akan melibatkan 18 negara seperti Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Myanmar, India, Philipina, Singapura, Vietnam, Laos, Australia, Selandia Baru, Cina, Rusia, Korea Selatan, dan USA.


Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Kepulauan Anambas, Letkol Agung Jaya Santika mengatakan latihan Naval Multilateral ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan dengan negara-negara lain guna terciptanya kehormonisan antar negara-negara yang terlibat.

"Pada prinsipnya ingin membuat Indonesia punya latihan multilateral. Bukan hanya sekedar kebutuhan AL, tapi internasional, kalau semua negara berlatih, maka akan tercipta keharmonisan," ujar Agung di Tarempa, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, Jumat (22/10).

Dalam latihan tersebut, lanjut Agung, skenario bencana yang akan dilakukan adalah adanya dua kapal Liquid Natural Gas yang berbenturan sehingga menciptakan ledakan dan gelombang luar biasa dan berdampak pada keselamatan masyarakat sekitar.

"Musim utara itu sangat rawan, skenarionya saya buat, ada dua kapal LNG berbenturan sehingga menyebabkan tabrakan menghasilkan gelombang yang terkena masyarakat (Anambas) dan Natuna. Menyelamatkan masyarakat disini, dia latihannya bagaimana masuk hospital, evakuasi dan lainnya," ujarnya.

Meskipun telah ada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kata Agung, latihan multilateral ini ingin menyiapkan TNI AL agar lebih siap dalam menghadapi bencana jika terjadi suatu waktu dalam keadaan darurat.

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day