China Lansir Peta Pertahanan Wilayah Laut China Timur

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Pulau Senkaku (Diaoyu) yang diperebutkan China dan Jepang di wilayah Laut China Timur (Foto: dok)
  Kementerian Pertahanan China melansir peta zona pertahanan untuk Laut China Timur yang mencakup kepulauan yang dikuasai Jepang tetapi diklaim sebagai wilayah China.
Dalam pernyataan melalui laman Internet hari Sabtu (23/11), Kementerian Pertahanan China mengatakan, menurut perangkat peraturan baru, semua pesawat terbang yang melewati zona itu harus memberitahu pihak berwenang China dan dapat diambil langkah militer darurat jika pesawat tidak mengidentifikasi diri atau mematuhi perintah Beijing. Dikatakan, peraturan itu mulai berlaku hari Sabtu.

Belum ada tanggapan dari Jepang, tetapi sebelumnya bulan ini, Jepang mengirim jet-jet tempur ke Laut China Timur setelah melihat yang disebutnya sebuah pesawat tak berawak yang terbang ke arah Jepang.

Kepulauan sengketa yang disebut Senkaku oleh Jepang dan Daioyu oleh China itu tidak berpenghuni tetapi terletak di perairan yang kaya ikan dan tambang energi potensial. 
 

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day