Beijing Terus Pantau Pesawat Pembom AS Putari Laut Cina Selatan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Cina, Rabu (27/11) mengatakan pihaknya telah memantau dua pesawat pembom bersenjata jarak jauh AS yang terbang di atas Laut Cina Timur dan menyimpang dari deklarasi Beijing dengan menjalankan kontrol militer yang lebih besar di daerah tersebut, yang meliputi pulau-pulau yang disengketakan juga diklaim oleh Jepang.

Beijing mengeluarkan peta pada hari Sabtu dari Identifikasi Zona Pertahanan Udara dan menuntut bahwa setiap pesawat yang memasuki wilayah tersebut harus mengidentifikasi diri mereka sendiri dan menerima instruksi Cina.


"Cina memiliki kemampuan untuk melakukan kontrol efektif atas wilayah udara yang relevan," kata pernyataan singkat yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Cina, Rabu (27/11). Pernyataan itu mengatakan pesawat B-52s yang terdeteksi dan terpantau saat mereka terbang melalui zona itu selama dua jam dan 22 menit.

Para pejabat Pentagon mengatakan bahwa pesawat pembom itu berada di rute misi pelatihan yang sudah direncanakan lama sebelum pengumuman Cina pada hari Sabtu lalu.

"Langkah AS adalah demonstrasi hak-hak internasional yang sudah lama berdiri untuk kebebasan navigasi dan transit melalui wilayah udara internasional," kata seorang pejabat senior Pentagon.

Pejabat itu menyebut deklarasi kontrol unilateral Cina diperluas sebagai provokatif dan mengatakan itu "hanya meningkatkan risiko salah perhitungan di wilayah tersebut."

Cina telah mengancam pada hari Sabtu lalu bahwa mereka mungkin bisa menargetkan setiap pesawat yang memasuki wilayah tanpa mengidentifikasi dirinya sendiri.

Xinhua News Agency melaporkan Rabu (27/11) bahwa satu-satunya kapal induk Cina, Liaoning, juga telah berangkat ke laut dalam percobaan pertama kalinya di Laut Cina Selatan, misi ini mungkin untuk menarik keamanan di tengah perjalanan China untuk menegaskan klaim baru-baru ini.

Kantor berita itu mengatakan pelayaran bertujuan untuk menguji kru dan peralatan Liaoning atas jarak jauh dan berbagai kondisi laut.

The Associated Press juga mengatakan, kapal itu didampingi oleh dua kapal perusak dan dua kapal penjelajah rudal-unsur kapal induk kelompok pertempuran standar - ketika meninggalkan pelabuhan rumah utaranya Qingdao. Pelayaran telah meluncurkan dan mendapatkan kembali jet tempurnya tapi belum memberikan pesawatnya secara lengkap.

AS telah melihat dirinya sebagai kekuatan dominan di Asia selama bertahun-tahun dan sekarang khawatir tentang pengaruh pertumbuhan Cina di wilayah tersebut. Namun para pejabat Cina, mengatakan zona ini sejalan dengan praktek negara-negara lain yang memiliki zona yang sama untuk melindungi pantai mereka.

Pada awal bulan ini, sebuah panel kongres AS, yang menyarankan anggota parlemen tentang implikasi keamanan nasional dari hubungan antara Washington dan Beijing, dan memperingatkan bahwa Cina bisa memiliki armada terbesar kapal selam modern dan kapal tempur di Pasifik barat pada tahun 2020.

Komisi Ekonomi dan Keamanan AS-Cina mengatakan dalam laporan tahunannya bahwa modernisasi militer Beijing telah satu dekade menantang keunggulan AS di kawasan itu.

Komisi tersebut merekomendasikan agar Kongres harus mendanai pembuatan kapal dan meningkatkan keberadaan operasional Angkatan Laut di wilayah tersebut untuk mendukung tujuan untuk mendasarkan 60 persen dari kapal perangnya di kawasan Asia - Pasifik pada Departemen Pertahanan tahun 2020, dibandingkan dengan sekitar 50 persen saat ini.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day