Collins Class RAN: Lawan Tanding Terberat Armada Kapal Selam TNI AL

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Sejak pertama kali digunakan dalam kancah peperangan, sosok kapal selam telah merebut perhatian sebagai kekuatan strategis yang menentukan. Selain ditakuti tatkala perang berlangsung, di masa damai pun kapal perang mengemban misi pengintaian dan patroli maritim yang efektif. Dilihat dari reputasinya dalam banyak laga, maka alutista yang kerap disebut sebagai silent warrior ini begitu diminati oleh banyak negara. Tak ayal, keberadaan armada kapal selam dapat meningkatkan daya deteren militer suatu negara.

Dari kilas balik sejarah, Indonesia tak terbantahkan sebagai pelopor eksistensi kapal selam di wilayah Asia Tenggara. Dalam persiapan operasi Trikora, di tahun 60-an Indonesia pernah jadi jawara kapal selam dengan 12 unit kapal selam kelas Whiskey. Tapi seiring dinamika politik dan pertahanan global, kini justru kondisi berbalik, justru Indonesia menjadi yang tertinggal dalam update kapal selam. Lepas dari soal kehandalan kualitas awak dan kecanggihan kapal selam masing-masing negara, maka sejak tahun 1990-an Indonesia tak lagi menjadi kekuatan nomer satu kapal selam di Asia Tenggara, pasalnya Singapura dan Malaysia telah membeli versi kapal yang lebih canggih dengan jumlah sama atau lebih banyak.
Karena punya nilai strategis, kapal selam pun selalu disebut-sebut di awal bila terjadi konflik atau potensi perang antar dua negara. Selain keberadaan jet tempur, kapal selam digadang sebagai penentu jalannya peperangan. Dan itu sudah terbukti saat berlangsungnya perang Malvinas pada tahun 1982. Dalam konteks Indonesia, dua unit kapal selam Type 209 TNI AL (KRI Cakra 401 dan KRI Nanggala 402) tak pernah absen disebut saat hubungan Indonesia – Malaysia memanas. Semisal saat konflik blok Ambalat meletus, Type 209 TNI AL kerap dibandingkan dengan dua unit Scorpene class TLDM (Tentara Laut Diraja Malaysia).
Changbogo class, 3 unit akan memperkuat TNI AL
Changbogo class, 3 unit akan memperkuat TNI AL
Kilo class, inilah kapal selam idaman untuk TNI AL
Kilo class, inilah kapal selam idaman untuk TNI AL
Lain lagi dengan Singapura (RSN/Republic of Singapore Navy), negara pulau dengan teritori laut kecil ini bahkan punya 6 unit armada kapal selam. Menurut kabar disekitaran tahun 2004 – 2005, pemerintah Indonesia sampai menyiapkan jalur untuk kapal-kapal selam Singapura. Hal ini merupakan buntut dari peringatan keras Presiden RI Abdurahman Wahid kepada TNI AL untuk mengawasi manuver kapal selam Singapura. “Kalau mereka berada di luar jalur yang ditetapkan, maka kita harus berani mengambil tindakan,” ujar Gus Dur waktu itu.
Nah, yang paling hangat saat ini adalah sosok militer Australia. Akibat buntut dari isu penyadapan intelijen Australia terhadap pejabat tinggi Indonesia, hubungan RI dengan Negara Kangguru menjadi memanas, mungkin sepanas saat lepasnya Timor Timur dari pangkuan NKRI di tahun 1999. Namanya juga isu panas, ditambah sikap pemerintah Australia yang pasif, isu lain pun dengan mudah dikipas ke publik, yakni membandingkan kekuatan militer RI – Australia, publik di Indonesia serasa ingin diyakinkan bahwa TNI mumpuni dibanding militer Australia. Yang diterawang pertama adalah bagaimana bila terjadi duel udara antara Su-27/30 Flanker TNI AU vs F/18 Super Hornet RAAF. Dan, pastinya pula soal kualitas kapal selam kedua negara. Perlu dicatat RAN (Royal Australian Navy) punya 6 unit armada kapal selam kelas Collins. Bola panas khas era Perang Dingin pun terus menggelinding hingga tulisan ini dibuat.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day