Guntur cs Usir Penjajah Jepang di Jalan Jenderal Sudirman

Posted by Alutsista Baru Indonesia
YOGYA - "Jepang sudah menyerah! Jepang sudah menyerah!" seru sekelompok pejuang Republik Indonesia di tengah ruas Jalan Jenderal Sudirman, Yogyakarta, Minggu (24/11/2013) pagi.
Seragam mereka lengkap dari berbagai satuan pejuang. Berbagai jenis senjata era Perang Dunia 2 tidak lupa dibawa. Mulai dari Luger, Arisaka, Lee Enfield, Bren MKI, hingga pedang Gunto yang dibawa perwira Jepang.

Cuplikan reka ulang Serbuan Kotabaru tersebut memancing perhatian para pengunjung Jogja Kreatif #8. Suara dan asap mercon yang dipakai untuk menguatkan efek pertempuran membuat para pengunjung di paruh barat Jalan Jenderal Sudirman tampak tertarik.
Adalah komunitas Babad Bandayuda yang pagi itu menyulap car free day menjadi pertunjukan live perjuangan heroik para pahlawan yang berhasil merebut kidobutai alias gudang senjata tentara Jepang di Kotabaru.
Menurut anggota komunitas Babad Bandayuda, Guntur Prasojo, kegiatan tersebut merupakan wujud kecintaan para anggota komunitas terhadap sejarah.
"Kami mencoba cara yang tidak biasa, yang lebih asyik daripada baca buku atau mengunjungi museum," katanya.
Terdapat berbagai satuan yang mengambil peran dalam reka ulang peristiwa sejarah itu. Mulai dari Laskar Rakyat, Tentara Genie Pelajar, Tentara Pelajar, Badan Keamanan Rakyat, Polisi Istimewa, hingga para perawat medis.
Komunitas tersebut berawal dari 13 orang anggota onthelis alias pesepda onthel yang berniat mengembangkan lebih jauh kecintaannya pada sejarah.
Kini, komunitas tersebut anggotanya sekitar 40 orang. Mereka bermarkas di Jl Minggiran 42, Yogyakarta.
Guntur sendiri mengapresiasi acara Jogja Kreatif yang disebutnya menjadi ajang bagi anak muda Jogja yang dikenal memang kreatif. Selain itu, ada pula penampilan-penampilan yang menonjolkan nilai-nilai tradisional. (*)


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day