Galangan Kapal Nasional Perlu Meningkatkan Kemampuan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
JAKARTA,  – Agar pasar yang ada tidak jatuh ke galangan kapal di luar negeri, galangan kapal nasional hendaknya meningkatkan kapasitas dan kemampuannya. Ini berkaitan dengan penerapan asas cabotage yang telah membawa dampak peningkatan jumlah armada kapal nasional sehingga peluang reparasi terhadap armada kapal semakin besar.
Demikian Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian,
Budi Darmadi dalam sambutannya pada acara penganugerahan Award kepada galangan kapal nasional dan bangunan baru untuk perawatan/reparasi kapal (IMISCA – Indonesia Maritime Industry Customer Satisfaction Award 2013) di Jakarta, Rabu malam.
‘’Peningkatan kemampuan itu amat penting mengingat kemampuan industri perkapalan nasional saat ini masih jauh dari kondisi ideal sebagai industri maritim yang kuat,’’ tegas Budi.
Lebih lanjut Budi mengatakan upaya-upaya untuk melakukan perbaikan dalam memberikan kepuasan terhadap pelanggan, merupakan faktor penting yang harus dilakukan oleh industri galangan kapal nasional dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat.
Oleh karena itu katanya, industri galangan kapal nasional harus menjadikan innfo umpan balik kepuasan pelanggan sebagai salah satu strategi dalam merebut pasar dan memangkan persaingan.
Di bagian lain sambutannya dikatakan, pemerintah terus menerus melakukan terobosan kebijakan dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pengembangan industri perkapalan nasional, baik berkaitan dengan kebijakan fiskal maupun kebijakan teknis yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi SDM.
‘’Di samping itu pemerintah juga terus mendorong peningkatan penggunaan produksi dalam negeri,’’ tambah Budi.
Melalui keberpihakan dan kecintaan terhadap produk lokal, maka cita-cita untuk membangun industri maritim yang kuat dan berdaya saing tinggi serta mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri, dapat terwujud.
‘’Oleh karena itu kami mengajak seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah maupun pelaku usaha, agar dapat bersinergi mencari terobosan-terobosan yang inovatif untuk meningkatkan pemberdayaan industri maritim nasional,’’ katanya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Hasbih Assidiq Syamsuddin yang juga Direktur Industri Maritim Kedirgantaraan dan Alat Pertahanan (IMKAP) Kemenperin mengatakan, kegiatan IMISCA 2013, salah satu bentuk upaya pembinaan yang dilakukan Kemenperin guna lebih memotivasi industri galangan kapal meningkatkan kemampuannya baik dalam membangun kapal baru maupun jasa reparasi serta meningkatkan kepercayaan pengguna kapal terhadap industri galangan kapal nasional.
Empat galangan kapal nasional dengan berbagai kategori keluar sebagai juara, mereka adalah PT Janata Marina Indah (kategori reparasi), PT PAL Indonesia (kategori reparasi kapal perang), PT Daya Radar Utama (kategori pertumbuhan investasi dalam negeri dan PT Dumas Tanjung Perak Shjiyard (kategori bangunan baru dan penerima order dari luar negeri). (sabar)


1 comment:

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day