IAI Kfir merupakan pesawat tempur
buatan Israel dimana memiliki bentuk yang serupa dengan pesawat buatan
Dassault yaitu Mirage III. Kfir dikembangkan dari pesawai tempur buatan
Israel yang mengambil dari bentuk Mirage III tanpa lisensi yaitu Nesher.
Hal ini diakibatkan Prancis memberlakukan embargo terhadap Israel ,
padahal dari awal Israel merupakan first export consumer Mirage III.
Apabila Nesher merupakan jiplakan Mirage, sementara pada Kfir sudah
banyk perubahan.
Pengembangan ini dimungkinkan
karena kemudian Israel membeli pesawat pembom – tempur F-4 Phantom dari
As beserta mesinnya GE J79. Dengan mesin j79 ini, kfir pertama yang
berkursi ganda terbang perdana pada akhir 1970. Berbagai perubahan
substansial terhadap rancangan mula Mirage dilakukan oleh IAI. Antara
lain bagian belakang badanya diperbesar karena pemakaian titanium untuk
melindungi airframe dari pasan mesin J79. Selain itu ada tambahan canard
dan berbagai perubahan lain, hingga akhornya Kfir-C2 diputuskan sebagai
pesawat baru yang definitive pada tahun 1976. Negara lain yang pertama
membeli kfir adalah Ekuador kemudian Kolombia.
Pesawat buatan Israel dari
mengopi mirage yang disesuaikan dengan keperluan itu ternyata berhasil
dengan baik. Dari segi persenjataan mampu membawa berbagai jenis
senjata, baik buatan Israel maupun AS. Berbagai varian Kfir juga dibuat,
diantaranya ada yang disewa oleh Korps mariner dan AL AS untuk latihan
dan difungsikan sebagai pesawat aggressor. Kini Kfir juga dipakai oleh
Sri Lanka dalam perangnya melawan separatis Macan Tamil.
Persenjataan
Sejumlah
Kfir yang dioperasikan Ekuador tak hanya berfungsi sebagai pesawat
penyergap. Berkat upgrade yang dilakukan Kfir Ekuador juga sanggup
berperan sebagai pesawat pembom. Senjata reguler Kfir Ekuador antara
lain sepasang rudal Rafael Shafir IR homing air to air missile, sejumlah
bom buatan AS dan Israel serta kanon DEFA 553 kaliber 30mm.
Kfir mempertahnkan sayap delta
Mirage dengan sedikit modifikasi. Penambahan slot “sawcut” dan
perpanjangan bagian luar sayap meningkatkan performa pesawat. Canard
yang dipantek di bagian depan pesawat mengurangi jarak take-off hingga
1.500 kaki dan memiliki efek dramatis dalam kecepatan berbelok.
Semua
Kfir memiliki hidung langsing yang dilengkapi avionic lengkap tapi
kekurangan radar multi-mode. Pucuk hidung menutupi antenna radar Elta
EL/M-2001B . Kfir ditenagai mesin tunggal General Electric J79-J1E. J1E
merupakan versi modifikasi dari J79-GE-17 dan diklaim sebagai versi
paling bertenaga dari produksi J79.
KFIR memang pesawat tempur yang digunakan beberapa negara Amerika Latin juga Sri Lanka
ReplyDelete