Larang Kapal Perang Singapura Masuk Perairan Indonesia

Posted by Alutsista Baru Indonesia


Mantan Kepala Staff Angkatan Darat (KSAD), Pramono Edhie Wibowo, menilai, larangan  Singapura itu berlebihan.  

Tetapi kalau itu faktanya, maka Pemerintah Indonesia juga harus melarang kapal-kapal perang negara itu berlayar di perairan Indonesia.  

"Kalau benar Singapura melarang KRI Usman Harun berlayar di perairan Singapura, maka kapal perang Singapura juga tidak boleh berlayar di wilayah perairan Indonesia. Singapura akan dirugikan kalau peraturan tersebut diberlakukan,” katanya di Bandara Soekarno-Hatta setelah usai mengikuti Debat Bernegara Konvensi‎ Calon Presiden Partai Demokrat di Bali, Rabu (19/2).  

Pramono Edhie mengatakan, laut Singapura kecil. “Sepanjang pengetahuan saya, jarang sekali kapal perang kita mengarungi wilayah laut Singapura, justru kapal perang mereka yang sering memasuki wilayah laut Indonesia,” katanya.  

Calon presiden dari Partai Demokrat mengatakan itu menanggapi pernyataan Menteri Pertahanan Singapura, Ng Eng Hen dalam sebuah sesi sidang parlemen, Selasa (18/2) siang, yang mengatakan bahwa  negaranya melarang kapal perang Indonesia itu memasuki teritorinya, termasuk pelabuhan dan pusat pangkalan angkatan laut.  

Hen menilai penggunaan nama Usman Harun dapat membuka luka lama Singapura. ‎Hal ini terkait dengan keinginan Singapura yang meminta pemerintah Indonesia merubah penamaan KRI Usman Harun.  

Sejauh ini, desakan Pemerintah Singapura agar nama kapal perang itu diganti tidak diindahkan oleh pemerintah Indonesia.  

Menurut Pramono Edhie, menurutnya Singapura tidak berhak mengatur Indonesia dalam pemberian nama KRI.‎  

"Penamaan tersebut adalah bentuk penghormatan Indonesia kepada pahlawan yang diabadikan dalam penamaan objek tertentu yang tidak boleh diintervensi oleh negara lain. Penamaan KRI Usman Harun sudah sesuai prosedur dan merupakan hak Indonesia sebagai pemilik kapal," terangnya.  

Kementerian Pertahanan Singapura melarang KRI Usman-Harun memasuki perairan Singapura, apalagi berlabu di pangkalan militer negara itu.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya berharap pemerintah Singapura bisa paham dengan kondisi seperti ini dan tidak mempengaruhi hubungan baik kedua negara yang selama ini sudah terjalin erat. [A-25]


1 comment:

  1. kita jangan terlalu lembek terhadap singapura, tunjukkan kita bisa lebih dari mereka. klo perlu tembak kapal perangnya yang mencoba memasuki perairan indonesia. jangan dikasi ampun. biar negara-negara lain bisa melihat indonesia dengan terhormat.

    ReplyDelete

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day