Inggris Posisi Kelima Dalam Anggaran Persenjataan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
London – Inggris menduduki peringkat paling bawah dari lima negara yang menghabiskan anggaran militernya. Bahkan, posisi Inggris kini di bawah Rusia, China dan Arab Saudi.
Hasil survei terbitan International Institute for Strategic Studies (IISS), yang dikutip The Guardian Rabu (5/2/2014) menyebutkan AS masih menduduki peringkat teratas dengan total biaya US$600 miliar. Disusul China US$112,2 milyar, Rusia US$68,2 milyar dan Arab Saudi. Negara Timur Tengah yang menjadi negara pembeli senjata dari Inggris itu menghabiskan belanja militernya sekitar US$59,6 milyar sedangkan Inggris hanya US$57 milyar.

Turunnya belanja militer di Inggris dan Eropa serta Barat, menurut studi IISS, akibat persaingan kekuatan militer yang bergeser ke kawasan Asia Pasifik dan Timur Tengah. Pengeluaran belanja militer di Eropa, menurun sekitar 2,5% sejak 2010, sebaliknya negara-negara Asia menghabiskan anggaran militernya 11,6% lebih tinggi tahun 2013 dibanding 2010. China, Jepang dan Korea Selatan tercatat sebagai negara-negara yang banyak menghabiskan biaya perang dan pertahanan.
IISS menyebutkan, berkurangnya anggaran militer Barat disebabkan oleh meningkatnya penggunaan Drone pesawat militer tanpa awak yang biayanya jauh lebih rendah ketimbang pesawat tempur biasa. ‘”Kita akan melihat kencenderungan sistem pertahanan dan pertempuran militer yang bisa dibawa di tas punggung,’’ ujar Doug Barne, ahli pesawat militer IISS kepada The Guardian.
Namun Perdana Menteri Inggris David Cameron menyanggah hasil survei tersebut. ‘’Kami masih menjadi negara keempat terbesar dunia yang menghabiskan anggaran militernya. Dan kami tetap di posisi itu, selama saya menjadi perdana menteri Inggris,’’ ujar PM David Cameron bulan lalu.
Pernyataan itu dikeluarkan Cameron menyusul ucapan Menteri Pertahanan AS Robert Gates yang menyebutkan ‘’Angkatan Bersenjata Inggris tak akan bisa lagi mendampingi sebagai partner AS,’’ kata Robert Gates. [bah]


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day