Inggris Protes Kapal Perang Spanyol Masuk Gibraltar

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris bakal merilis surat protes resmi gara-gara sebuah kapal perang Spanyol menurut dugaan masuk ke wilayah yang diklaim milik Inggris di Selat Gibraltar. Insiden itu, tulis AP  pada Kamis (20/2/2014) terjadi pada awal pekan ini, Selasa (18/2/2014). "Ada kapal perang Spanyol yang masuk ke perairan Inggris di Gibraltar tatkala Angkatan Laut Inggris tengah menggelar pelatihan," kata pernyataan kementerian tersebut.


Sementara itu, AL Inggris langsung menghentikan pelatihan tatkala kapal perang Spanyol tersebut masuk wilayah perairan dimaksud. "Kejadian itu membuat kami meningkatkan kewaspadaan tingkat tinggi,"kata pernyataan kementerian itu.

Gibraltar terletak di selatan Semenanjung Iberia. Selat itu adalah pintu masuk ke Laut Mediterrania. Inggris menguasai perairan tersebut seturut Pakta Utrecht 1713. Sementara Spanyol selama ini berupaya memperkuat posisinya di kawasan wilayahnya, juga di Gibraltar.

Setahun silam otoritas Gibraltar Spanyol menempatkan blok-bolk beton di Teluk Algeciras untuk membuat pantai buatan. Pihak Spanyol mengatakan upaya itu sebagai perlindungan terhadap nelayan Spanyol.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day