Kopaska Lumpuhkan Perompak di KRI Banda Aceh-593

Posted by Alutsista Baru Indonesia
JAKARTA (Pos Kota) – Tim Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) yang berasal dari Satuan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut berhasil melumpuhkan sekawanan perompak yang berhasil masuk dan menyusup di atas anjungan KRI Banda Aceh-593 ketika melintas di Perairan Samudera Pasifik.
Letusan suara dari kontak tembak menggema dilorong-lorong kapal tersebut yang berasal dari tim Kopaska dan para perompak, tidak kurang dari setengah jam berkat kesigapan satuan elit milik TNI AL pimpinan Lettu Laut (P) Mugiyono dapat mengendalikan serta menguasai situasi tersebut.

Operasi tempur laut tersebut, merupakan simulasi pembebasan kapal atau Maritime Interdiction Operation (MIO), yang diselenggarakan di atas KRI Banda Aceh-593 saat berlayar di Perairan Samudera Pasifik. Skenario tersebut dilakukan oleh Kopaska untuk terus mengasah kemampuan maupun skill Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dari tiap individu. Selain itu, hal tersebut dipersiapkan juga guna menyambut latihan Multilateral yang akan dilaksanakan oleh KRI BAC-593 di Hawai.
Seperti diketahui, KRI Banda Aceh-593 dengan Komandan Letkol Laut (P) Arief Budiman, telah dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio dalam suatu upacara pelepasan di Dermaga Kolinlamil belum lama ini, rencananya kapal perang yang berada di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) serta di bawah binaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta ini akan mengikuti latihan militer maritim terbesar di dunia yang bertajuk Latihan Bersama Multilateral Rim Of Pacific (Latma Multilateral RIMPAC) 2014 pada tanggal 26 Juni sampai dengan 1 Agustus 2014 di Pearl Harbour training area dan perairan Kepulauan Hawaii.
rompak-tengah
Dalam latihan RIMPAC tahun 2014 ini, TNI Angkatan Laut selain melibatkan KRI Banda Aceh-593 juga akan menurunkan 1 Kompi Marinir. Pada Latma ini ada beberapa latihan yang digelar yakni Latihan Communication Exercise, Tactical Manuvers, RAS Approaches, Damage control exercise, Emergency drills, Screen Exercise, Helicopter deck landing exercise, Medical Casualty drills, Photo Exercise,Command Post Exercise, Serialized training, Search And Rescue(SAR), NAVCOMMEX, Human assistance disaster relief,Man Overboard drills, Engineering drills, Small arms shoot, Main battery shoot, Publication exercise,Air Defence Command Post Exercise, Interoperability with coalition forces, Amphibious raids operations, Non-Combatant Evacuation Operation (NEO, Fire Support Coordination Exercise (FSCEX), (Night Helicopter Deck Landing, Combine Marksman Program (Live Fire), Transition MAGTF C2 ashore, Support experimentation, Command Post Exercise (CPX). SWET (Shallow water equipment trainning, AAV Integration Exercise, Photo Exercise, Heli Crossdeck Exercise, Surface Serialized.
Saat ini KRI Banda Aceh-593 sedang melakukan bekal ulang di Jayapura, provinsi Papua sekaligus mendapat kunjungan dari Kepala Staf Kolinlamil Laksamana Pertama (Laksma) TNI Karma Suta, S.E. dan (Wakil Komandan) Wadan Lantamal X Jayapura Kolonel Mar Prasojo S, yang meninjau sekaligus melihat kondisi dari material maupun personel setelah melakukan pelayaran dari Jakarta menuju Papua, selanjutnya menurut rencana KRI BAC-593 akan kembali meneruskan pelayaran menuju Pearl Harbour training area di Kepulauan Hawaii pada Selasa,10 Juni 2014.
(dispen Kolinlamil/sir)

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day