Berbarengan dengan NATO, Militer Rusia Latihan Perang di Laut Baltik

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Latihan tersebut diikuti oleh armada Laut Baltik, pasukan lintas udara (airborne forces) dan Angkatan Udara Rusia. Manuver perang berlangsung secara paralel dengan operasi latihan NATO Saber Strike-2014 dan Baltops-2014 di wilayah yang sama.
Manuver tersebut juga dilengkapi kesatuan pertahanan udara, pesawat tempur Su-34, helikopter Mi-24,
dan pesawat pembom Tu-22M3. Pasukan penerjun payung berlatih keterampilan untuk menghindari perlawanan musuh dan mendarat di bangunan yang telah ditentukan. Divisi Layanan Pers dan Informasi Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa jumlah kekuatan dan pengeluaran Kementerian Pertahanan Rusia yang diberdayakan dalam latihan perang di Kaliningradskaya Oblast tersebut setara dengan jumlah personil, persenjataan, dan perlengkapan militer yang digunakan oleh negara-negara NATO dalam latihan serupa di sekitar perbatasan.
Latihan ini bukanlah yang terakhir bagi militer Rusia untuk tahun ini. Angkatan bersenjata Rusia akan berada di pusat pelatihan militer selama musim panas dan sebagian besar musim gugur 2014. Hingga akhir tahun, Divisi Roket Strategis Rusia (DRSR) berencana meluncurkan 12 rudal balistik antarbenua dengan berbagai tipe. DRSR akan melakukan uji coba peluncuran rudal sebagai bagian dari penelitian dan pengembangan rudal canggih yang detailnya masih dirahasiakan, serta peluncuran untuk tahap penyempurnaan persenjataan rudal dan percobaan peluncuran rudal alih fungsi ke orbit untuk bidang antariksa.
Pemberitahuan pada Pentagon
Latihan peluncuran roket juga termasuk peluncuran roket pengangkut (carrier rocket) Dnepr yang dimodifikasi dari roket tempur strategis tertangguh Voevoda (R-36M2, Barat menyebutnya SS-18). Dnepr akan diluncurkan ke angkasa dari rayon Yasniy yang terletak di pinggir kota Orenburg. Percobaan peluncuran Topol-M (SS-27) dan Yars (RS-24) akan dilaksanakan di Plesetsk (Arkhangelskaya Oblast) dari pusat pelatihan Kura yang terletak di Kamchatka. Sedangkan percobaan roket tempur yang baru akan dilakukan dari pusat pelatihan Kapustin Yar ke arah kosmodrom Baikonur. Selain itu, juru bicara angkatan Rusia mengatakan rudal-rudal strategis ukuran kecil akan diikutsertakan dalam 40 latihan staf angkatan bersenjata dan 20 latihan staf komando serta 50 latihan perang taktis. Semua latihan tersebut akan dilaksanakan secara mendadak. Waktu dan tempat latihan akan diumumkan di awal pelaksanaan latihan manuver perang.
TEKNOLOGI MILITER RUSIA
Berdasarkan perjanjian START (Strategic Arms Reduction Treaty), Rusia dan Amerika Serikat harus memberitahukan rencana latihan militer mereka. Rencana latihan peluncuran rudal strategis kali ini pun telah disampaikan pada Pentagon. Washington akan diberi tahu mengenai dua uji coba peluncuran roket laut strategis Bulava (SS-N-30) dari kapal selam Vladimir Monomakh. Itu semua dilakukan agar tidak ada peserta perjanjian START-3 yang menganggap uji coba atau percobaan peluncuran roket strategis itu sebagai pernyataan perang.
Jawaban untuk NATO
Militer Rusia akan mengadakan lomba antara dua awak pengendali kendaraan perang pesisir armada Laut Baltik Pada pertengahan Juni di pusat latihan sekitar Kaliningrad. Agenda utama angkatan laut tahun ini adalah latihan bersama angkatan bersenjata Rusia-India, Indra 2014. Itu belum termasuk ekspedisi kapal perang Rusia ke Laut Mediterania dan Teluk Aden untuk menjaga kapal-kapal dagang dari serangan perompak Somalia.
http://m.indonesia.rbth.com

1 comment:

  1. Laut Baltik hrs diblokade Rusia agar negara2 NATO/AS dpt menggunakan laut tersebut dan caranya hrs dibuatlatihan bersama di laut Baltik

    ReplyDelete

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day