AS Sebut Heli Militer Meksiko Langgar Batas Wilayah dan Lepas Tembakan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Helikopter militer milik Meksiko ketahuan melanggar wilayah kedaulatan Amerika Serikat. Tidak hanya masuk sejauh 100 meter, helikopter ini juga melepas tembakan sebanyak dua kali di dalam wilayah AS.

Dalam pernyataannya, US Customs and Border Protection menyebut insiden ini terjadi pada Kamis (26/6) pagi waktu setempat. "Helikopter penegak hukum Meksiko melintas masuk... hingga ke wilayah utara, ke Arizona," demikian pernyataan badan keamanan perbatasan AS, seperti dilansir AFP, Sabtu (28/6/2014).

"Dua tembakan dilepaskan dari helikopter tersebut, tapi tidak ada korban luka ataupun kerusakan pada properti AS yang dilaporkan," imbuh pernyataan tersebut.

insiden tersebut terjadi di area sejauh 13 kilometer dari desa San Miguel, yang ada di wilayah Tohono O'odham Indian Nation. Menurut otoritas setempat, insiden ini masih dalam investigasi secara menyeluruh.

Diyakini bahwa helikopter tersebut tengah menjalani tugas penegakan hukum di dekat perbatasan kedua negara. Media lokal menyebut helikopter Meksiko tersebut tengah menjalankan misi pemberantasan narkoba. Namun tidak diketahui pasti alasan helikopter tersebut melepas tembakan di dalam wilayah AS.

Secara terpisah, penyelidik kriminal dari kantor Jaksa Agung Meksiko, Tomas Zeron de Lucio membantah tudingan bahwa helikopter Meksiko melanggar perbatasan AS. Lucio menyatakan, operasi yang dilakukan helikopter tersebut telah disepakati dan dikoordinasikan dengan patroli perbatasan AS.

"Operasi dilakukan di perbatasan... Saya pikir kami tidak melanggar perbatasan, karena kami membawa sistem navigasi kami," jelas Lucio kepada wartawan setempat.

Dalam penjelasannya, Lucio juga membantah bahwa helikopter Meksiko telah melepas tembakan. Menurutnya, tembakan tersebut berasal dari tersangka narkoba yang sedang diburu oleh helikopter Meksiko. Dia menyebutkan, tersangka itulah yang melepas tembakan ke arah helikopter.

http://news.detik.com  

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day