Filipina Dibantu AS, China Ketakutan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
UlUNGAN - China mulai khawatir mengambil tindakan untuk bersitegang dengan Filipina. Hal ini menyusul tindakan Filipina yang meminta bantuan kepada AS untuk memperkuat militernya.

Mengutip The Star, Senin (16/6/2014), China khawatir atas perubahan wilayah Ulungan yang menjadi tempat vital bagi militer Filipina untuk menopang pertahanannya.

Sebelumnya, Filipina meminta bantuan pada Amerika Serikat (AS) untuk memperkuat angkatan bersenjatanya saat masalah di Laut China Selatan mulai memanas. AS pun sepakat memberikan bantuan kepada Filipina dengan sejumlah senjata canggih dan latiihan militer bersama.

Rencananya sejumlah pasukan militer AS akan ditempatkan di wilayah Filipina. Hal ini dilakukan usai AS dan Filipina sepakat menandatangani perjanjian pakta keamanan pada April 2014.

Saat ini, Teluk Ulugan merupakan tempat markas Angkatan Laut (AL) Filipina yang berfungsi sebagai pusat komando militer. Markas tersebut bertanggung jawab memantau keamanan di perairan Laut China Selatan.

Ulungan merupakan wilayah yang berjarak sekira 160 kilo meter( km) dari sejumlah pulau-pulau kecil  termasuk Kepulauan Spratly. Pulau tersebut merupakan aset penting yang diperjuangkan Pemerintah Filipina selama beberapa dekade ini.(ang) (ade)


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day