Singapura Berencana Beli Pesawat Tanker Airbus A330 MRTT

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Singapura mengatakan bahwa pihaknya akan mengganti pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara KC-135R yang dibuat oleh perusahaan AS Boeing dengan pesawat tanker multiperan Airbus A330 MRTT, dikutip oleh laman Space War.
Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan kepada parlemen Singapura mengenai keputusannya untuk mendapatkan A330 MRTT, yang desainnya berdasarkan pesawat A330 sipil.
Ng tidak menyebutkan berapa unit A330 MRTT yang akan dibeli Singapura, namun sumber di Airbus menyebutkan bahwa Singapura ingin membeli enam pesawat A330 MRTT dengan kontrak diperkirakan senilai USD 1,4 miliar.
Dari laporan The Military Balance 2014 yang diterbitkan oleh Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) yang berbasis di London, diketahui bahwa Angkatan Udara Singapura selama ini mengoperasikan 4 unit pesawat tanker pengisi bahan bakar di udara KC-135R.
"Pada tahun 2030, tanker udara KC-135R kita telah akan digantikan dengan tanker Airbus A330 multiperan, yang telah kita putuskan untuk mengakuisisinya," kata Ng saat debat mengenai anggaran negara.
"MRTT, atau Airbus A330, dapat menampung bahan bakar 20 persen lebih banyak dari KC-135 dan otomatis akan meningkatkan jangkauan pesawat tempur kita melalui pengisian bahan bakar di udara," katanya.
Airbus A330 MRTT juga dapat berperan ganda sebagai pesawat kargo dan angkut pasukan, misalnya untuk menggelar pasukan dan peralatan ke luar negeri yang jauh seperti yang Singapura lakukan pada saat operasi bantuan kemanusiaan dan bencana.
IHS Jane Defence Weekly mengatakan bahwa Airbus juga telah mendapatkan order untuk pembelian A330 MRTT dari Angkatan Udara Australia, Arab Saudi, Inggris dan Uni Emirat Arab (UEA).
 
 

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day