China Serahkan Teknologi Rudal C 705 kepada Indonesia

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Jakarta – Juru bicara Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) RI, Silmy Karim menampik pemberitaan yang diluncurkan media Taiwan, Senin (3/3/2014). Di situ disebutkan, Pemerintah China menuntut uang tambahan dari Indonesia atas rencana ekspor rudal antikapal C 705 produksi sendiri ke pasar luar negeri. Prototipe rudal C 705 sejatinya adalah buatan hCina.
“Belum ada pembicaraan soal itu (rencana penjualan rudal C 705 produksi sendiri ke luar negeri). Yang ada baru pembahasan tentang produksi misil untuk memenuhi kebutuhan kita (Indonesia) saja,” kata Silmy saat dikonfirmasi ROL, Selasa (4/4/2014).

Media di Taiwan, Want China Times, sebelumnya menyebutkan Indonesia membeli 40 rudal antikapal C 705 dari China. Hal ini diungkapkan dalam pertemuan antara para pejabat tinggi militer China dan Indonesia yang dipimpin oleh Kepala Staf Umum Tentara Rakyat China Jenderal Fang Fenghui dan Panglima TNI Jenderal Moeldoko, di Beijing, akhir bulan lalu.
Want China Times menuliskan, pembelian misil tersebut awalnya direncanakan untuk melengkapi sejumlah kapal cepat rudal (KCR-40) milik TNI Angkatan Laut RI.
Rudal C705 sendiri dirancang dan diproduksi oleh perusahaan industri pertahanan yang berbasis di Beijing, Aerospace Science and Industry Corporation. Akan tetapi, tulis laman Taiwan itu lagi, China ternyata menolak menyerahkan teknologi (ToT) C 705 sepenuhnya ke Indonesia. Ini dikarenakan masih banyaknya negara lain yang mencari atau membeli senjata canggih tersebut dari negeri tirai bambu.
Beijing malah meminta biaya tambahan dari RI untuk mengamankan hak memproduksi rudal C 705 sendiri. Namun, hal ini juga dibantah Silmy. Menurut dia, China menyerahkan sepenuhnya teknologi C 705 kepada Indonesia.
“Jadi, tidak ada masalah sebenarnya. Saya malah jadi bertanya, media itu mengambil perkataan saya dari mana?.  Saya sendiri tidak ikut ke Beijing (menemani Panglima TNI Moeldoko),” jelas Silmy. 
http://jakartagreater.com  

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day