Kendaraan Perang dari Masa ke Masa

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Kendaraan yang dilengkapi dengan senjata tidak hanya ada di film James Bond. Di dunia nyata, selain tank, juga ada banyak mobil atau sepeda motor yang kerangkanya ditanamkan senjata serbu.

Situs berita BBC mencatat ada delapan kendaraan yang pernah menjadi favorit para tentara di segala penjuru dunia karena keganasan senjata yang dibawanya. Berikut daftarnya.

1. Motor Scout
Seorang ilmuwan Inggris bernama Frederick R. Simms pada 1898 membuat Motor Scout, kendaraan yang mirip mobil De Dion-Bouton dan dilengkapi dengan senapan mesin berpelindung pelat besi. Tidak terlalu favorit, tapi menjadi inspirasi mobil perang di masa mendatang.

2. Armoured Rolls-Royce
Tidak bisa dibilang mobil mewah ketika Rolls-Royce di era 1914 dibekali senapan mesin yang ditempatkan di atas tempat kemudi. Mobil ini sempat memegang peranan penting saat Perang Sipil di Irlandia.

3. Chevrolet 1,5 Ton
Dimodifikasi untuk bertempur di padang pasir, truk dengan bobot 1,5 ton bermerek Chevrolet pernah berjaya pada 1940 dan dipakai oleh Long Range Desert Group milik Ingrris pada Perang Dunia II. Segala senjata ada di bak truk ini seperti senapan mesin hingga anti-tank.

4. BMW R-75
Kecil namun mengerikan. Mungkin itulah kesan yang muncul dari motor BMW R-75 yang dipakai pasukan Jerman saat Perang Dunia II. Motor ini memiliki bak penumpang bersenjata MG-42 yang menempel di sampingnya.

5. Vespa 150 TAP
Tak terbayangkan memang ada Vespa yang dipakai sebagai alat tempur. Tapi pada 1956, Vespa 150 TAP lahir di Prancis pada 1956 yang dipakai sebagai anti-tank karena disematkan bazoka.

6. Toyota Technicals
Mobil buatan Jepang juga ikut menjadi kendaraan perang di konflik antara Libya dan Chad pada 1978-1987. Tentara Libya boleh dibilang unggul karena memiliki delapan ribu pasukan, beberapa pesawat tempur dan tank T-62. Tapi Chad menggunakan mobil pick-up Toyota yang mengangkut anti-tank dan senapan mesin.

7. Dillon Aero
Keunggulan Dillon Aero ialah kecepatan tembaknya yang mencapai tiga ribu peluru per menit dan menjadi musuh utama helikopter tempur. Tapi lebih sangar lagi ketika ia diletakkan di kendaraan semacam Land Rover Defender karena menjadi portable.

8. Flyer Light Strike Vehicle
Kendaraan yang digunakan di gurun pasir biasanya disebut sand-rail. Amerika Serikat (AS) memiliki banyak sand-rail saat berperang di Timur Tengah. Sand-Rail buatan General Dynamics menjadi favorit AD AS karena mudah dibawa pesawat kargo. Tak hanya mesin berkapasitas 1.900 cc, berkekuatan 150 hp dengan kecepatan maksimal 85 mph, ada beragam jenis senjata level ringan hingga anti-tank.

(Budi Ernanto)

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day