Korut Tembakkan 18 Rudal ke Laut Jepang

Posted by Alutsista Baru Indonesia
SEOUL Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) yang lebih dikenal warga Indonesia sebagai Korea Utara (Korut) menembakkan 18 rudal jarak dekat ke arah Laut Jepang, Minggu (16/3/2014).
Seperti dilansir Kantor Berita Yonhap, Korut menembakkan 10 rudal pada pukul 18.20 waktu setempat. Rudal itu terbang sekitar 70 kilometer dan mendarat di perairan Laut Timur.
“Lalu negara tersebut meluncurkan delapan rudal lagi yang berlangsung selama lima menit sekitar pukul 20.03 waktu setempat,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

“Roket tersebut ditembakkan dari wilayah pantai timur (DPRK) di dekat Wonsan dan terbang ke arah timur,” kata pejabat militer Seoul itu sebagaimana dikutip Yonhap. Ditambahkannya, militer mempertahankan kesiapan tempur tertingginya dalam kasus kemungkinan penembakan lebih lanjut.
Kepala Staf Gabungan Korea Selatan menyeru Korea Utara menghentikan tindakan provokatif lain. Militer Seoul memperkirakan rudal yang ditembakkan itu adalah rudal jarak-dekat permukaan-ke-permukaan FROG, yang diperkenalkan pada era bekas Uni Sovyet pada 1960-an.
DPRK belum lama ini telah menembakkan beberapa rudal, yang dipandang sebagai reaksi terhadap pelatihan militer gabungan AS-Korea Selatan. Pyongyang telah menembakkan empat rudal balistik jarak dekat di pantai timurnya pada 4 Maret.
Militer Korea Selatan menyatakan babak baru penembakan rudal tersebut juga dapat menjadi bagian dari pelatihan militer musim dingin Pyongyang. Korea Selatan dan Amerika Serikat memulai pelatihan militer gabungan tahunan mereka sebagaimana dijadwalkan kendati DPRK menuntut penundaan atau pembatalan pelatihan itu.
Pelatihan post komando Key Resolve dan pelatihan lapangan Foal Eagle dimulai pada 24 Februari lalu. Sebanyak 12.700 prajurit AS, termasuk lebih dari 6.000 personel dari pangkalan di luar negeri, ikut dalam pelatihan tersebut.
Pelatihan post komando Key Resolve berakhir awal Maret, sedangkan pelatihan tempur lapangan Foal Eagle masih berlangsung sampai 18 April mendatang.
Pyongyang seperti dilaporkan kantor berita resmi Korut, KCNA, menyatakan penembakan rudal jarak dekatnya belum lama ini adalah pelatihan normal yang berhasil di dalam wilayahnya sendiri.


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day