Dua Kapal Rusia Intai Pangkalan Kapal Selam AS

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Sebuah kapal Rusia sarat perlengkapan intelijen beroperasi di Pantai Timur AS dan dekat Teluk Meksiko selama sebulan lalu.
Seperti dikutip Fox News Jumat (25/4/2014), kementerian pertahanan AS Pentagon mengendus operasi mata-mata Rusia itu. ‘’Kami tahu bahwa kapal pengintai Viktor Leonov dan Nikolay Chiker beroperasi di laut bebas yang jauh dari teritorial AS, tapi dekat perairan Cuba,’’ ujar Letkol Tom Crosson, jurubicara Pentagon. ‘’Kami hargai kebebasan negara-negara yang melakukan operasi militer di luar teritorial negara lain,’’ katanya menambahkan.

Kapal Viktor Leonov adalah kapal yang dilengkapi peralatan elektronik canggih. Sedangkan kapal Nikolay Chiker adalah kapal penarik yang mengawal kapal intelijen itu menjalankan misinya. Pejabat Pentagon mencurigai kedua kapal itu mengintai kegiatan basis militer kapal selam AS di Kings Bay, Georgia dan fasilitas militer lain sejak Maret silam.
Hubungan AS dan Rusia semakin tegang bersamaan dengan aksi pencaplokan Crime oleh Rusia. Seorang pejabat tinggi militer AS menduga keras kegiatan mata-mata elektronik Rusia itu berhubungan dengan uji coba peralatan nuklir Rusia.[bah]


1 comment:

  1. Saling mengintip, lengah bakalan hancur dan misi masing2 militer terus berupaya mencari kelemahan lawan antara Rusia dg AS

    ReplyDelete

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day