Anggaran Militer Arab Saudi Rp 766 Triliun

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Sejumlah negara di Timur Tengah meningkatkan anggaran militer mereka pada 2013 dengan menghabiskan dana triliunan rupiah. Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Arab Saudi memiliki anggaran tertinggi, bahkan menduduki posisi keempat di dunia.

SIPRI menerangkan, Kerajaan Saudi telah membelanjakan US$ 67 miliar atau sekitar Rp 766 triliun. Jumlah ini meningkat 14 persen dibandingkan dengan anggaran militer pada 2012. "Itu artinya anggaran militer Saudi lebih tinggi bila dibandingkan dengan Inggris, Jepang, dan Prancis."

Dalam laporannya yang dirilis ke media, Senin, 14 April 2014, SIPRI menjelaskan, militer Saudi telah menghabiskan anggaran dua kali lipat dalam sepuluh tahun belakangan. Meskipun demikian, kata SIPRI, anggaran militer Saudi masih kalah tinggi dibanding Rusia (US$ 87 miliar), Cina (US$ 188 miliar), dan Amerika Serikat (US$ 640 miliar).

Anggaran militer negara-negara di Timur Tengah secara keseluruhan meningkat 4 persen pada 2013, diperkirakan mencapai US$ 150 miliar (sekitar Rp 1.714 triliun). Bahrain meningkatkan anggarannya hingga 26 persen, sedangkan Irak 27 persen. Namun demikian, di antara negara-negara di Timur Tengah, SIPRI tidak memiliki data anggaran militer 2013 untuk Iran, Qatar, dan Uni Emirat Arab.

http://www.tempo.co 

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day