Ukraina Klaim Pesawat Militernya Ditembak Jatuh dari Rusia

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Kiev - Pesawat militer Ukraina diyakini telah ditembak jatuh saat mengudara dan delapan awak yang ada di dalamnya menghilang. Ukraina meyakini pesawat miliknya tersebut ditembak jatuh dari wilayah Rusia.

Otoritas Ukraina kini tengah mencari para awak pesawat militer yang hilang tersebut. Laporan terbaru menyebutkan, mereka sempat berkomunikasi dengan militer setempat. Namun tidak disebutkan lebih lanjut soal lokasi dan kondisi awak-awak pesawat tersebut.


"Anggota kru pesawat AN-26... yang ditembak jatuh, telah berhasil melakukan kontak dengan staf jenderal," demikian pernyataan kantor presiden Ukraina dalam situsnya, seperti dilansir AFP, Selasa (15/7/2014).

Menurut kantor presiden Ukraina, pesawat militer tersebut mengudara pada ketinggian yang sangat tinggi, sehingga sulit untuk terkena sistem rudal portabel yang digunakan kelompok pemberontak pro-Rusia yang ada di wilayah Ukraina timur.

"Kemungkinan besar (datang) dari wilayah Federasi Rusia," sebut kantor presiden Ukraina.

Secara terpisah, juru bicara Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional Ukraina melaporkan, pesawat militer tersebut ditembak oleh rudal Greyhound surface-to-missile atau sebuah proyektil yang ditembakkan dari sebuah pesawat jet yang lepas landas dari wilayah Rusia.

Jurnalis AFP menemukan puing pesawat militer tersebut di sebuah lapangan yang ada di wilayah Lugansk yang dikuasai pemberontak, dekat dengan perbatasan Rusia. Warga setempat menyatakan, pesawat tersebut jatuh pada siang hari, dengan sejumlah parasut terlihat mengudara di langit.

Juru bicara militer Ukraina menyatakan telah berhasil menjalin komunikasi dengan dua awak pesawat tersebut, tanpa memberi penjelasan lebih lanjut. Namun jurnalis AFP melihat adanya jasad manusia di tengah-tengah puing pesawat tersebut.

Sementara itu, kelompok pemberontak pro-Rusia di Ukraina mengklaim bahwa mereka berhasil menembak jatuh pesawat militer tersebut. Kepada media Rusia, Interfax, pemberontak mengaku menyandera 4 awak pesawat dan tengah menginterogasi mereka.

http://news.detik.com 

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day