Peluru Pintar Dilengkapi Sistem Navigasi Dikembangkan

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Peluru pintar dapat menghilangkan faktor apa pun yang tak terduga, seperti angin, cuaca, atau target yang bergerak.
Setelah sedemikian banyak senjata pintar berteknologi tinggi yang ditujukan pada individual, sekarang militer AS kembali meningkatkan teknologi dalam bidang senjata api.
Program EXATO "Senjata presisi ekstrem" dari US Defense Advanced Research Projects Agency telah menyelesaikan uji coba pertempuran nyata pertama mereka.

Proyek ini adalah jenis "peluru pintar" yang dikembangkan dapat menyesuaikan arah secara otomatis dalam proses peluncurannya di udara, agar dapat secara akurat menembak sasaran.
Pada awal 2014 ini, US Defense Advanced Research Projects Agency pernah membeli 6 unit senapan sniper TrackingPoint Linux driver. Namun, mereka memodifikasi lebih lanjut terhadap senjata ini. Senapan sniper TrackingPoint dapat secara akurat mengkalkulasi faktor gravitasi, kecepatan angin dan faktor lainnya, kemudian baru menembak.
Saat peluru dimuntahkan, "sistem navigasi" yang dikembangkan US Defense Advanced Research Projects Agency mampu menyesuaikan arah peluncuran peluru secara otomatis. Dengan adanya sistem navigasi ini, peluru pintar tersebut mampu menghilangkan faktor apa pun yang tak terduga, seperti tiupan angin, cuaca atau target yang bergerak.
Sebenarnya, sejak beberapa tahun lalu, proyek Exacto telah mulai melaksanakan proyek terkait, ketika itu US Defense Advanced Research Projects Agency mengumpulkan sekelompok ilmuwan dan insinyur bidang GPS dan jaringan internet.
Sistem digunakan Exacto dalam proyek terkait adalah senapan sniper kaliber 0.5 model terbaru, dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, di antaranya termasuk teknologi kontrol fin-stabilized projectiles, spin-stabilized projectiles, aero-actuation internal dan eksternal, sistem proyektil pandu, sistem pasokan kestabilan proyektil kecil dan teknologi penargetan mutahir dan sebagainya. Selain itu, peluru yang dimutahkan akan secara otomatis mencari dan mengunci target.
US Defense Advanced Research Projects Agency menggunakan Imaging Technology Teledyne dan Lockheed Martin untuk mengembangkan senjata baru tersebut, jika berbagai kendala teknis bisa diatasi, diprediksi paling cepat pada 2015 mendatang senapan itu akan digunakan secara luas.
Mantan Komandan akademi sniper dari korps Angkatan Darat AS, Keith Bell mengatakan : "Exacto akan menjadi sebuah senjata revolusioner, yang tidak hanya meningkatkan jangkauan tembak, tetapi akurasi tembaknya juga telah ditingkatkan satu kali lipat."
Jangkauan tembak terjauh pada senapan sniper saat ini umumnya sekitar 2 km, dan rekor jarak terjauh sekitar 2.43 km, sementara jangkauan tembak Exacto mencapai hingga 5 km. (Joni Sanjaya/Muhamad Asari)


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day