Stop Ekspor Bijih Mineral, RI Tahan 10 Kapal China

Posted by Alutsista Baru Indonesia
Shanghai : Indonesia , produsen nikel terbesar di dunia , telah menahan sekitar 10 kargo asal China meninggalkan pelabuhan menjelang penerapan larangan ekspor mineral mentah mulai 12 Januari 2014
Seperti dilansir dari Bloomberg, Sabtu (11/1/2014), Kapal bulk carrier Aeriko yang penuh dengan bijih nikel ditahan di sebuah pelabuhan di Sulawesi. Kapal itu dioperasikan Shanghai Erli International Ship Management Co.
The 21st Century Business Herald mengutip Kepala Erli Chen Dusong menyebutkan setidaknya ada 10 kapal China yang ditahan.

Kapal-kapal China yang ditahan , termasuk kapal milik China Cosco Holdings Co cabang Hong Kong , telah menolak tuntutan pemerintah daerah sebesar $ 300.000 untuk pembebasan mereka.
Indonesia berencana menerapkan larangan ekspor mineral mentah seperti bijih nikel dan bauksit mulai 12 Januari 2014. Menurut data kantor Bea Cukai China di Beijing, negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini memasok lebih dari 50% impor bijih China. Pengurangan pasokan nikel bisa mendongkrak harga nikel yang anjlok 19% pada tahun lalu di London Metal Exchange.
Goldman Sachs Group Inc memperkirakan Indonesia memberikan kontribusi sekitar 18%-20% dari pasokan nikel dunia, 9%-10% pasokan aluminium dari bauksit, serta 3% pasokan tembaga dunia.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebelumnya telah memastikan aparat bea cukai terhitung mulai Minggu, 12 Januari 2014, pukul 00.00 WIB akan melarang seluruh aktivitas ekspor mineral mentah dari Indonesia.
Keputusan ini dilakukan seiring rencana pemerintah menerapkan kebijakan Undang-undang Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang mulai efektif berlaku pada tanggal tersebut.
"Pokoknya barang kayak gitu semua dilarang, semua nggak boleh dikirim," kata Wakil Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro di kantornya, Jakarta.
Bambang menegaskan, keputusan pelarangan ekspor mineral yang akan berlaku pada akhir pekan ini seluruhnya diserahkan kepada Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).


No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day