2 Anggota KKB Tewas Ditembak Aparat Gabungan TNI dan POLRI

Posted by Alutsista Baru Indonesia
TIMIKA : Aparat gabungan TNI dan Polri terus mengantisipasi kemungkinan adanya serangan balasan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di kawasan Tanggul Timur, Kali Kopi, pascatewasnya dua anggota kelompok itu saat baku tembak dengan aparat pada Kamis (9/1).
Kapolres Mimika AKBP Jermias Rontini bersama Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Rafles Manurung kepada wartawan di Timika, Jumat, mengatakan, hingga kini aparat gabungan TNI dan Polri masih terus bersiaga di lokasi kejadian.
Dalam kontak senjata antara tim patroli gabungan TNI dan Polri dengan KKB di sekitar Mil 39 Tanggul Timur, Kali Kopi, Kamis (9/1), dua anggota KKB ditemukan tewas.
Satu jenazah sudah dievakuasi ke RSUD Mimika pada Jumat petang untuk dilakukan autopsi oleh tim dokter. Sementara satu jenazah lainnya masih tergeletak di seberang sungai, tak jauh dari jenazah korban pertama ditemukan.
Upaya evakusi jenazah korban kedua mengalami kesulitan lantaran medan yang berat. Identitas kedua korban hingga kini belum diketahui secara pasti.
Menurut Rontini, barang bukti yang ditemukan di lokasi baku tembak berupa sepucuk senjata api laras panjang jenis AR 15 yang merupakan senjata api standar, yang biasanya digunakan oleh aparat.
Aparat juga menyita enam lembar surat perintah operasi dari dalam tas yang ditemukan di lokasi kontak senjata. Enam lembar surat itu berlogo Tentara Pembebasan Papua Barat Markas Komando Daerah Papua III Pegunungan Tengah di Timika berisi perintah operasi kepada anggota KKB untuk menyuplai bahan kebutuhan pokok dan lainnya.

"Dari dokumen yang ditemukan, terlihat jelas pergerakan mereka dalam menyusun kekuatan, menyuplai bantuan bahan makanan untuk kepentingan operasi mereka," kata Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Rafles Manurung. 
 

No comments:

Post a Comment

Berita Terbaru

Blog Archive

My Blog List

Republik Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau,maka harus mempunyai Alutsista yang kuat.

Pages

Video Of Day